kumparan
1 November 2019 7:01

Toyota Avanza Makin Perkasa, Honda Mobilio ‘Tenggelam’

New Avanza dan new Veloz
New Avanza dan new Veloz Foto: Istimewa
Persaingan penjualan di segmen Low MPV memang selalu menarik. Toyota Avanza lagi-lagi berhasil memimpin puncak penjualan di segmen ini dan mengungguli rivalnya, yaitu Mitsubishi Xpander.
ADVERTISEMENT
Mengacu dari data Gaikindo, pada bulan September kemarin, Toyota Avanza berhasil meraih angka wholesales sebanyak 9.021 unit atau dengan raihan market share sebesar 44,92 persen. Angka tersebut, mengalami peningkatan 1.502 unit bila dibandingkan dengan penjualan pada Agustus lalu yang meraih 7.519 unit.
Sementara Mitsubishi Xpander, bulan September kemarin mencatatkan wholesales sebesar 4.407 unit, atau dengan raihan market share sebesar 21,94 persen. Angka wholesales Xpander tersebut mengalami penurunan sebesar 954 unit dari bulan Agustus lalu yang meraih 5.361 unit.
Mitsubishi Xpander
Mitsubishi Xpander Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Dengan semakin meningkatnya penjualan Toyota Avanza tersebut, tentunya semakin mempertegas eksistensi Avanza di segmen yang penuh sesak ini. Tercatat, bila dihitung sejak Januari hingga September 2019, Toyota Avanza berhasil mengungguli Mitsubishi Xpander sebanyak 7 kali.
ADVERTISEMENT
Tentunya, ini akan menjadi tugas besar bagi Mitsubishi, untuk mengembalikan Xpander ke pucuk penjualan Low MPV.
Pergeseran terjadi di posisi 3, saudara kembar Toyota Avanza, yaitu Daihatsu Xenia sukses mengkudeta Suzuki Ertiga yang sebelumnya bertengger di posisi ini. Daihatsu Xenia tercatat meraih angka wholesales sebesar 1.919 unit, atau dengan market share 9,55 persen.
Daihatsu Xenia
Daihatsu Xenia Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Angka itu jelas jauh meningkat bila dibanding bulan sebelumnya, yang hanya mencatatkan 462 unit. Sedangkan Suzuki Ertiga sendiri, bulan September lalu harus puas berada di posisi 4 dengan raihan 1.560 unit atau dengan market share 7,76 persen.
Suzuki Ertiga Sport
Suzuki Ertiga Sport Foto: Muhammad Ikbal
Angka tersebut mengalami penurunan bila dibanding bulan Agustus yang meraih angka 1.923 unit.
Mobilio paling buncit
Lanjut di posisi 5 dan 6, terdapat Wuling Confero dan Nissan Livina. Wuling Confero sukses mencatatkan angka wholesales sebesar 954 unit. Angka tersebut mengalami peningkatan cukup signifikan bila dibandingkan bulan Agustus yang hanya 638 unit.
Wuling Confero S ACT
Wuling Confero S ACT Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Sementara untuk Nissan Livina, berhasil membukukan angka wholesales sebesar 766 unit. Angka itu memang mengalami penurunan, bila dibandingkan bulan Agustus yang meraih 941 unit.
Otomotif, honda mobilio, test drive, mobil baru 2019,
New Honda Mobilio minor change 2019. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO
Untuk posisi 7, ditempati jenama Jepang lainnya, yaitu Honda Mobilio yang hanya mencatatkan angka wholesales sebesar 577 unit. Angka itu mengalami penurunan sedikit bila dibandingkan bulan Agustus yang meraih 596 unit.
ADVERTISEMENT