kumparan
4 Juli 2019 11:11

Toyota Avanza Masih Dipuncak, Nissan Livina Ancam Posisi Honda Mobilio

Test drive Nissan Livina
Test drive Nissan Livina Foto: dok. NMI
Meski angka wholesales-nya minus 10 persenan sepanjang Januari-Mei 2019, low MPV masih jadi segmen paling dicari konsumen dalam negeri. Terbukti, data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), memperlihatkan bahwa kontribusi MPV berada di angka 25 persenan, atau tertinggi di antara kategori lainnya.
ADVERTISEMENT
Dari total 10 model yang bertarung di segmen ini --Avanza, Xpander, Xenia, Ertiga, Mobilio, Grand Livina, Confero, Luxio, APV, Cortez 1.5L-- totalnya sepanjang 2019 ini mencapai 107.922 unit.
Avanza masih mempertahankan posisi puncaknya, setelah beberapa bulan sempat di diduduki Mitsubishi Xpander sebagai penantang tersengit, sepanjang kiprahnya di Indonesia sejak 2003-2004 lalu.
Toyota Avanza dan Veloz
Toyota Avanza dan Veloz Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Produk low MPV besutan Toyota itu berhasil menaikkan angka wholesales mereka sampai 4,21 persen, atau mencapai 36.272 unit, sementara tahun lalu hanya mentok di angka 34.807 unit.
Berbicara soal Xpander, euforia produk baru nampaknya sudah mulai mengendur. Angka pasokannya mengalami negative growth sampai 23,57 persen, dengan jumlah wholesales 28.028 unit.
Meski begitu, berada di posisi atas kompetisi low MPV, ini jadi gengsi sendiri buat tiga berlian. Konon katanya, segmen ini bak bunga mawar, tampak menggiurkan tapi berduri tajam. Bila tak cermat dan berhati-hati, bisa keok.
otomotif, low MPV, MPV, Avanza, Xpander, Livina, Mobilio,
Wholesales low MPV Januari-Mei 2019. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparan

Livina Curi Perhatian

Mengamati pergerakan saudara kembar Xpander, Livina, angka wholesales-nya mulai merangkak naik. Masih mengacu pada data Gaikindo Januari-Mei 2019, jumlah perolehannya 4.427 unit, atau tumbuh 135 persen dibanding perolehan Livina tahun lalu --versi lawas.
ADVERTISEMENT
Bila mengurutkannya dari yang terlaris sampai bawah, Livina berada di posisi ke-6. Perolehan ini mendekati Honda Mobilio dengan jumlah 7.775 unit.
Nampaknya jenama Jepang berlogo H tegak, mesti berhati-hati. Karena bukan tak mungkin posisinya sebagai pemegang kunci lima besar low MPV, bisa tergeser. Simak lengkapnya pada tabel.
otomotif, low MPV, MPV, Avanza, Xpander, Livina, Mobilio,
Pangsa pasar low MPV Januari-Mei 2019. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparan