Otomotif
·
14 Mei 2020 20:13

Tuas Matik LCGC Toyota & Daihatsu Tanpa Gigi Rendah L, Kenapa?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tuas Matik LCGC Toyota & Daihatsu Tanpa Gigi Rendah L, Kenapa? (99364)
Model tuas transmisi dan kenop pengaturan AC Daihatsu Sigra facelift Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Pada beberapa mobil bertransmisi otomatik, biasanya memiliki pilihan gigi rendah L atau D1 pada tuas transmisinya, di mana fungsinya untuk melahap tanjakan ekstrem.
ADVERTISEMENT
Namun bagi Anda yang menggunakan mobil LCGC Toyota (Agya - Calya) dan Daihatsu (Ayla - Sigra), pilihan gigi rendah itu pasti tidak akan Anda temui. Sebab, gigi rendah yang ada hanya sampai D2 saja.
Tidak adanya pilihan gigi rendah itu, tentu bukan tanpa sebab. Hermas Prabowo selaku founder dan teknisi ahli dari bengkel spesialis matik Worner Matic, mengatakan hal tersebut lebih dikarenakan peruntukkan dari mobil itu sendiri.
Memang enggak dikasih (gigi rendah) karena secara desain awalnya, LCGC itu kan identik dengan mobil perkotaan. Sementara di perkotaan tidak banyak tanjakan atau turunan terjal yang membutuhkan low gear, berbeda dengan Avanza atau Xenia yang peruntukannya memang bisa untuk luar kota," jelas Hermas kepada kumparan beberapa waktu lalu.
Senada dengan Hermas, Dealer Technical Support PT Toyota Astra Motor (TAM), Didi Ahadi, menambahkan alasan lain tidak adanya pilihan gigi rendah pada LCGC Toyota karena efisiensi.
"Secara konstruksi transmisi, dia ini lebih efisien dibanding Avanza yang punya pilihan L. Jadi, secara harga juga bisa dibuat lebih murah. Tapi dengan hanya gigi rendah 2 yang dia miliki, sebenarnya sudah cukup untuk menanjak di tanjakan yang tidak terlalu terjal," ucap Didi.
Tuas Matik LCGC Toyota & Daihatsu Tanpa Gigi Rendah L, Kenapa? (99365)
Interior New Toyota Agya 2020 Foto: dok. Istimewa
Dengan demikian, idealnya mobil LCGC memang hanya digunakkan untuk rute dalam kota saja. Sebab, bila sering dipaksakan untuk rute luar kota dengan banyak tanjakan ekstrem, dikhawatirkan berdampak pada umur pakai transmisi tersebut.
ADVERTISEMENT
"Dampaknya kalau sering dipaksakan lewat tanjakan terjal apalagi kondisi muatan penuh seperti saat mudik, itu bisa membuat selip dan umur pakai jadi lebih pendek," beber Hermas.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.