Otomotif12 September 2020 18:50

VinFast, Merek Mobil Nasional Vietnam Beli Fasilitas Pengetesan GM dan Holden

Konten Redaksi kumparan
VinFast, Merek Mobil Nasional Vietnam Beli Fasilitas Pengetesan GM dan Holden (223327)
Sirkuit Pengujian Mobil VinFast di Australia. Foto: dok. Motoring.au
Jenama asal Vietnam, VinFast, menunjukkan keseriusannya untuk menjadi merek otomotif besar dengan membeli tempat pengujian mobil milik GM dan Holden di Victoria, Australia.
ADVERTISEMENT
Melansir Motoring.au, VinFast tidak hanya sekadar membeli tempat pengujian mobil saja, namun turut mendirikan pusat pengembangan mobil di Melbourne. Adanya tempat pengujian tersebut akan mempercepat pengembangan produk mereka.
Saat ini, penelitian dan pengembangan produk VinFast mengalami kemajuan pesat. Karena itu, memiliki pusat pengujian mobil yang modern sangat membantu aktivitas kami," ucap Direktur Pusat Pengembangan VinFast Melbourne, Kevin Yardley.
VinFast, Merek Mobil Nasional Vietnam Beli Fasilitas Pengetesan GM dan Holden (223328)
Mobil VinFast Foto: vinfastmedia
Hadirnya pusat penelitian VinFast di Melbourne tersebut, rupanya memiliki dampak positif bagi Australia. Sebab, banyak mantan pekerja dan tenaga ahli dari Holden yang kembali bekerja di pusat penelitian VinFast.
“Banyak karyawan di VinFast Australia saat ini direkrut dari Holden dan mereka semua sangat senang untuk terus bekerja di sini," tambah Kevin.
Beralihnya pusat pengujian yang bernama Lang Lang itu ke VinFast, rupanya turut disambut positif oleh Holden. Direktur Pelaksana Sementara Holden, Kristian Aquilina mengatakan hal tersebut sangatlah bagus untuk perkembangan industri otomotif di Australia dan seluruh dunia.
ADVERTISEMENT
“Dengan Holden, ini adalah akhir dari sebuah era, tetapi pusat pengujian Lang Lang akan terus terlibat dalam membentuk industri otomotif global. Saya sangat senang mengetahui bahwa masa depan cerah menunggu di depan,” katanya.
VinFast, Merek Mobil Nasional Vietnam Beli Fasilitas Pengetesan GM dan Holden (223329)
Sirkuit Pengujian Mobil VinFast di Australia. Foto: dok. Motoring.au
Sayangnya tidak ada informasi pasti terkait nominal transaksi pembelian tempat pengujian tersebut.
Sebagai tempat pengujian mobil yang cukup terkenal, Lang Lang dilengkapi dengan berbagai fasilitas, mulai dari lintasan Oval kecepatan tinggi berjarak 44 kilometer, area berkendara sepanjang 5,5 kilometer, dan laboratorium untuk uji emisi.
Didirikan pada tahun 1958, tempat pengujian yang memiliki luas total mencapai 872 hektar ini sempat mengalami renovasi besar pada 2018 lalu.
VinFast, Merek Mobil Nasional Vietnam Beli Fasilitas Pengetesan GM dan Holden (223330)
Sirkuit Pengujian Mobil VinFast di Australia. Foto: dok. Motoring.au

VinFast siapkan produk global

VinFast yang didirikan oleh pengusaha Vietnam, Pham Nhat Vuong, pada 2017 lalu, memang memiliki ambisi yang cukup besar dalam persaingan pasar otomotif internasional.
ADVERTISEMENT
Dalam proses pengembangan berbagai lini produknya, VinFast memang cukup banyak merekrut para tenaga ahli dan insinyur otomotif berpengalaman dari merek-merek top, termasuk General Motors, BMW, dan Opel.
VinFast, Merek Mobil Nasional Vietnam Beli Fasilitas Pengetesan GM dan Holden (223331)
Mobil VinFast Foto: vinfastmedia
Pabrikan berlogo V itu juga merencanakan akan melakukan ekspansi pasar ke Amerika Serikat dan Australia, menghadirkan produk untuk pasar global, dan meluncurkan mobil listrik terbarunya pada 2021 mendatang.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white