Otomotif
·
28 Agustus 2021 13:01
·
waktu baca 3 menit

Yamaha R15 Baru Terpergok ‘Nongkrong’ di Diler

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Yamaha R15 Baru Terpergok ‘Nongkrong’ di Diler (19380)
searchPerbesar
Tampang depan dari Yamaha R15 baru di diler India. Foto: Rev Nitro
Yamaha R15 model terbaru semakin terkuak. Motor sport full fairing entry-level itu tertangkap kamera terlihat sudah sampai di salah satu diler di India.
ADVERTISEMENT
Foto-foto tersebut memperlihatkan dua pilihan warna dari Yamaha R15M, yakni biru dan silver. Sebelumnya, sempat beredar juga foto Yamaha R15M mengenakan livery MotoGP.
Melansir dari Rush Lane, meskipun R15M dilihat tidak beda jauh dengan R15, Yamaha memastikan untuk memberikan beberapa ubahan agar bisa membedakan dengan model sebelumnya. Motor ini juga dikabarkan akan memiliki komponen premium.
Menyoal ubahan, sudah jelas ubahan besarnya terletak pada fascia, kini mengadopsi model lampu tunggal proyektor di bagian tengah dan diapit dengan sepasang Daytime Running Light (DRL) minimalis di sisi kiri dan kanannya.
Tampang depannya juga terlihat berbeda, Yamaha R15M itu menyerupai moge sport full fairing YZF-R7, sang kakak. Tangki bensinnya juga mengalami perubahan menjadi lebih tinggi dan berotot jika dibandingkan dengan R15 V3 yang tampak rata.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan foto yang beredar, bagian kaki-kaki masih terlihat sama seperti R15 sekarang. Dengan mengaplikasikan model suspensi upside down di depan dan monoshock di bagian belakang.
Yamaha R15 Baru Terpergok ‘Nongkrong’ di Diler (19381)
searchPerbesar
Varian warna silver Yamaha R15 baru yang terlihat di diler India. Foto: Rev Nitro

Prediksi Fitur Baru Yamaha R15

Yamaha R15 V3 atau model yang masih dijual saat ini sudah dibekali dengan penerangan LED pada lampu bagian depan dan belakang. Model itu juga memiliki fitur assist dan slipper clutch dan panelmeter full digital.
Lantas, apa saja fitur yang mungkin disematkan pada model R15M ini?
Pertama adalah fitur TCS (Traction Control System), teknologi ini rasanya bukan barang baru lagi untuk Yamaha. Bahkan sekelas matik maxi NMax sudah dilengkapi dengan piranti ini.
Yamaha R15 Baru Terpergok ‘Nongkrong’ di Diler (19382)
searchPerbesar
Mekanisme Sistem kerja Traction Control pada Motor Foto: dok. Istimewa
TCS sendiri memiliki fungsi untuk mengontrol traksi agar roda bagian belakang tak mengalami slip akibat tenaga motor yang tersalurkan di jalan licin dan basah. Ya, semacam fitur keselamatan aktif, fitur ini pertama kali dihadirkan pada motor berkubikasi mesin besar.
ADVERTISEMENT
Selanjutnya adalah ABS (Anti-lock Braking System). Sama seperti TCS, ABS adalah fitur keselamatan aktif yang mencegah ban terkunci akibat pengereman mendadak atau hard braking.
Alasan mengapa R15M memiliki peluang dibenamkan ABS karena sang kompetitor All New Honda CBR150R sudah mengaplikasikan fitur keselamatan tersebut.
Yamaha R15 Baru Terpergok ‘Nongkrong’ di Diler (19383)
searchPerbesar
Pengoperasian Y-Connect CCU pada Yamaha NMax Terbaru. Foto: Bangkit Jaya Putra
Fitur yang ketiga adalah perangkat konektivitas CCU (Communication Control Unit) yang pengoperasiannya melalui aplikasi Y-Connect. Fitur ini sudah terlebih dahulu dipasangkan pada Yamaha Aerox, NMax, dan besar kemungkinan pada R15M.
Dengan hadirnya fitur tersebut, pengendara mampu memantau segala informasi penting kendaraan melalui layar smartphone. Mulai dari mengecek kondisi motor, lokasi parkir, konsumsi bahan bakar, penggantian aki dan oli, serta notifikasi panggilan telepon, pesan, hingga email.

Spesifikasi Mesin Yamaha R15

Terkait mesin, rasanya pabrikan akan tetap menyematkan jantung pacu yang sama. Jika diperhatikan dari segi teknis, mesin R15 saat ini masih cukup mumpuni untuk bersaing dengan rivalnya.
Yamaha R15 Baru Terpergok ‘Nongkrong’ di Diler (19384)
searchPerbesar
Varian warna biru Yamaha R15 baru yang terlihat di diler India Foto: Rev Nitro
Rangka model delta box-nya menggendong mesin 155,1 cc, DOHC, 1-silinder, 4-tak, 4-katup, berpendingin cairan dan berpengabut injeksi.
ADVERTISEMENT
Racikan mesin itu mampu menawarkan tenaga maksimal 19 dk pada putaran mesin 10.000 rpm dan torsi puncak 14,7 Nm pada 8.500 rpm. Motor ini juga dilengkapi dengan teknologi VVA dan Blue Core.
Terkait beberapa foto yang terlihat di India, Manager Public Relation, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Anton Widiantoro memilih untuk irit bicara.
“Hingga saat ini belum ada rencana, kami masih menjual model yang ada saat ini,” katanya kepada kumparan beberapa waktu lalu.
Mengingat Yamaha R15 V3 sudah berumur 4 tahun, yang mana kebanyakan produsen otomotif akan menetaskan generasi terbaru setelah menginjak umur tersebut. Masalah kapan datang dan berapa harga Yamaha R15M di Indonesia masih belum diketahui.
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020