kumparan
4 April 2019 10:32

3 Pekan Cuma Minum Jus dan Air, Seorang Perempuan Alami Kerusakan Otak

Beragam jenis jus
Beragam jenis jus buah atau sayuran Foto: thinkstock
Seorang perempuan di Israel mengalami kerusakan otak permanen. Kondisi itu terjadi karena si perempuan mengikuti arahan diet dari ahli terapi alternatifnya. Ia mendapat arahan untuk hanya mengonsumsi jus dan air putih saja.
ADVERTISEMENT
Tiga minggu setelah memulai diet, perempuan yang namanya dirahasiakan itu masuk rumah sakit. Perempuan berumur 40 tahunan itu mengalami malnutrisi. Menurut laporan, berat perempuan berusia 40 tahunan itu tak sampai 40 kilogram dan dia menderita kekurangan garam di tubuhnya.
Laporan-laporan di media lokal tidak merinci jenis kekurangan garam yang perempuan itu alami. Tapi, menurut laporan Live Science, besar dugaan si perempuan mengalami hiponatremia.
Hiponatremia terjadi ketika tingkat sodium di darah terlalu rendah. Kondisi ini bisa terjadi akibat seseorang minum terlalu banyak air.
Air 2
Minum air putih. Foto: Thinkstock
Ketika tingkat sodium terlalu rendah, air masuk ke dalam sel untuk memperbaiki keseimbangan konsentrasi sodium. Tapi hal ini malah membuat sel membengkak.
Pembengkakan itu bisa bermasalah jika terjadi di sel otak. Pada beberapa kasus, pembengkakan sel bisa menyebabkan koma atau bahkan kematian.
ADVERTISEMENT
Minum air memang penting bagi tubuh kita. Tapi sebaiknya kita tidak melakukannya secara berlebihan karena bisa berakibat buruk bagi tubuh. Contohnya, bisa timbul kondisi hiponatremia seperti ini.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan