kumparan
search-gray
Tekno & Sains30 Juni 2020 10:11

5 Tips Agar Tetap Sehat Meski Beraktivitas Berat di New Normal

Konten Redaksi kumparan
Pandemi
com-Ilustrasi bekerja saat pandemi Foto: Shutterstock
Pandemi masih berlangsung. Namun kita tidak selamanya bisa melakukan karantina di rumah saja. Bagaimanapun kehidupan terus berjalan. Kini, kita dihadapkan dengan pilihan, yakni mau tidak mau harus tetap beraktivitas di tengah pandemi yang mengancam. Meski begitu, tak perlu khawatir, jika kita tetap mengikuti protokol kesehatan penularan virus tidak akan mudah menyerang.
Selain itu, penting untuk menjaga kesehatan dengan meningkatkan daya tahan tubuh sebagai langkah pencegahan. Terlebih lagi jika kita harus beraktivitas di tengah ancaman penularan COVID-19. Lantas, bagaimana cara meningkatkan daya tahan tubuh agar tetap sehat di era new normal? Dilansir dari berbagai sumber, berikut kumparan rangkum tipsnya!
  1. Jaga pola tidur
Ilustrasi tidur nyenyak
com-Ilustrasi tidur yang berkualitas Foto: Shutterstock
Tidur merupakan salah satu kebutuhan mendasar bagi manusia. Tak heran jika dalam sehari kebutuhan akan tidur kita tidak tercukupi, ada saja keluhan yang dirasa oleh tubuh. Apakah kamu pernah merasakannya?
Ya, idealnya orang dewasa tidur selama delapan jam tiap malam. Durasi tidur dan kualitas tidur memegang peranan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dilansir healthline, tidur yang cukup dan berkualitas membantu sel T dalam tubuh melawan infeksi. Sel T memainkan peran penting dalam sistem kekebalan tubuh. Ketika sel-sel dalam tubuh mengenali sel yang terinfeksi virus, mereka mengaktifkan integrin, sejenis protein lengket, yang akan menempel dan membunuh sel-sel yang terinfeksi.
Temuan lain juga menunjukkan bahwa tidur berpotensi meningkatkan fungsi sel T. Bagi orang yang kurang tidur, hormon stres dapat menghambat kemampuan sel T untuk berfungsi secara efektif. Oleh karena itu, penting untuk menjaga pola tidur kamu di saat new normal seperti saat ini ya!
  1. Biasakan sarapan sebelum beraktivitas
Sarapan
com-Ilustrasi sarapan Foto: Shutterstock
Sebagian orang kerap melewatkan sarapan dengan berbagai alasan: malas bangun pagi, malas menyiapkannya, atau justru sengaja karena sedang diet ketat. Padahal, sarapan punya banyak manfaat penting untuk kesehatan tubuh kamu, khususnya di era new normal seperti saat ini.
Ya, sarapan merupakan salah satu awal yang baik untuk memulai hari. Melewatkan sarapan membuat kebutuhan vitamin dan nutrisi tubuh kamu sulit terpenuhi. Dengan sarapan, kamu punya asupan serat, kalsium, dan berbagai vitamin yang menyehatkan tubuh agar siap beraktivitas di tengah pandemi yang masih berlangsung.
Selain itu, sarapan juga akan memberikanmu energi untuk memulai hari. Mengonsumsi sarapan akan membantu konsentrasi otak menjadi lebih baik. Sehingga, kamu akan lebih siap menjalani berbagai aktivitas dengan baik.
  1. Bawa bekal dari rumah
bekal rumah
com-Bekal rumah Foto: Shutterstock
Selama pandemi masih berlangsung, kita harus lebih ekstra untuk hidup bersih. Termasuk dalam memilih makanan. karena itu, penting untuk membawa bekal dari rumah daripada membeli makanan yang kebersihannya belum tentu terjaga.
Selain itu, ada keuntungan lain yang bisa kamu dapat jika membawa bekal dari rumah. Selain bisa menghemat pengeluaran, kamu juga dapat memastikan nutrisi harian tubuhmu terpenuhi. Setidaknya, kamu bisa memastikan makan siang kamu memiliki nilai gizi yang baik untuk tubuh, seperti karbohidrat, protein, lemak baik, serat, dan mineral.
  1. Banyak minum air putih
minum air putih
com-Ilustrasi minum air putih Foto: Shutterstock
Menjaga tubuh tetap terhidrasi sangat penting untuk menjaga tubuh bekerja dengan baik. Peranannya sangat krusial, yakni memastikan organ-organ tubuh bekerja dengan maksimal. Sebab sekitar 60 persen tubuh terdiri dari air. Ada air di setiap sel tubuh, dari otak hingga gigi.
Minum cukup air setiap hari sangat penting untuk kesehatan dan berperan untuk mendukung semua fungsi tubuh tersebut. Selain tubuh tetap terhidrasi, rutin minum air putih juga dapat membantu meningkatkan dan memperkuat sistem imun.
Air akan membawa oksigen ke sel-sel tubuh sehingga sistem menjadi berlancar lancar serta air dapat membersihkan racun berbahaya dari tubuh karena kinerja ginjal menjadi lancar dan baik. Manfaat air putih juga terbukti mengurangi resiko kanker kandung kemih. Jadi banyak konsumsi air putih maka sistem kekebalan menjadi lebih kuat.
  1. Konsumsi vitamin
Selain menjaga pola tidur, membiasakan sarapan, membawa bekal sehat, dan memperbanyak minum air putih, penting juga mengonsumsi suplemen atau vitamin sebagai pelengkap, khususnya bagi kamu yang tidak yakin dengan kecukupan mengonsumsi buah dan sayur. Nah, kamu bisa melengkapinya dengan mengonsumsi suplemen atau vitamin.
Saat ini ada banyak suplemen atau vitamin di pasaran. Namun di era new normal saat ini, pilihlah suplemen atau vitamin yang mengandung antioksidan. Dilansir healthline, antioksidan dapat melawan atau memperlambat kerusakan sel yang diakibatkan oleh paparan radikal bebas yang ada dalam tubuh. Radikal bebas dalam konsentrasi tinggi bisa memicu berkembangnya sejumlah penyakit.
Tidak sulit kok menemukan suplemen atau vitamin yang mengandung antioksidan, sebab Starmuno bisa jadi pilihan. Starmuno dapat membantu memperbaiki sistem imun tubuh, sehingga vitamin ini cocok bagi kamu yang aktif bekerja atau sedang dalam masa pemulihan dari sakit.
Starmuno
com-Starmuno Foto: dok. KALBE
Starmuno memiliki kandungan unggulan yaitu polinacea, yang teruji secara klinis dapat meningkatkan produksi sel limfosit-T dan produksi Interferon gamma (IFN-γ). Efek terhadap sel T merupakan hasil dari aktivitasnya dan proliferasi, dan secara klinis, hal ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Jadi kalau imun kuat, tubuh pasti sehat. Sehingga kamu bisa tetap beraktivitas atau bekerja berat di era new normal. Tapi jangan lupa tetap patuhi protokol ya seperti pakai masker, rajin cuci tangan, dan bawa selalu hand sanitizer!
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Starmuno
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white