7 Foto Bulan Merah Darah Pemenang Lomba Fotografi LAPAN

5 Februari 2018 20:37
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Bulan merah darah 31 Januari 2018 (Foto: Twitter @hendywcksn99)
ADVERTISEMENT
Menyambut gerhana Bulan total yang terjadi pada 31 Januari kemarin, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengadakan kompetisi fotografi.
ADVERTISEMENT
Dalam kompetisi bertajuk Lomba Foto Take The Best Moment at Rare Lunar Eclipse 2018 itu LAPAN mengundang seluruh masyarakat untuk mengirimkan foto gerhana Bulan total yang mereka ambil sendiri ke LAPAN.
Untuk para pemenang lomba ini, LAPAN telah menyiapkan beberapa hadiah, yaitu sertifikat juara, plakat, serta satu tas berisi barang-barang LAPAN.
Dua hari lalu, LAPAN telah mengumumkan tujuh foto pemenang lomba dan memamerkan foto-foto tersebut di akun Instagram resminya.
Menurut akun Instagram LAPAN, awalnya mereka hanya akan memberikan hadiah bagi lima foto terbaik. Akan tetapi karena ada banyak foto yang dikirimkan memiliki kualitas tinggi, maka LAPAN menjadikan total pemenang menjadi tujuh foto.
LAPAN sendiri tidak membatasi jenis kamera yang digunakan untuk mengambil gambar gerhana Bulan total atau yang biasa disebut juga sebagai Bulan merah dara (blood moon). Mulai gambar foto dari ponsel hingga kamera DSLR dapat diikutsertakan pada lomba ini. Yang dilarang adalah penggunaan edit digital pada foto yang dikirimkan.
ADVERTISEMENT
Pada pengumuman pemenang lomba foto di akun Instagram LAPAN, beberapa pemenang telah mengucapkan rasa terima kasih mereka atas terpilihnya hasil karya mereka. Para warganet juga ramai memuji keindahan serta keunikan dari foto-foto yang memenangkan lomba tersebut.
"Yang ikut lomba sekelas photographer professional, keren," tulis pemilik akun Instagram @yossa_t.k.
Berikut adalah foto-foto yang menjadi pemenang lomba foto yang diadakan LAPAN ini.
Foto Terbaik 1
Foto Terbaik 2
Foto Terbaik 3
Bulan merah darah 31 Januari 2018 (Foto: robentropenitra via Instagram @lapan_ri)
Foto Terbaik 4
Foto Terbaik 5
Foto Terbaik 6
Bulan merah darah 31 Januari 2018 (Foto: dediinsani99 via Instagram @lapan_ri)
Foto Terbaik 7
Gerhana Bulan total yang terjadi pada 31 Januari 2018 adalah fenomena yang istimewa dibanding gerhana Bulan biasanya. Sebab, pada 31 Januari malam itu, gerhana terjadi berbarengan dengan fenomena Bulan super alias supermoon dan purnama kedua di satu bulan yang sama alias blue moon.
ADVERTISEMENT
Ketiga fenomena ini sering disebut sebagai super blue blood moon.
Tempat dan Waktu Pengamatan Super Blue Blood Moon (Foto: Sabryna Muviola/kumparan)
Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin mengatakan keberulangan tiga fenomena yang terjadi bersamaan seperti ini adalah sekitar 150 tahun sekali.