Tekno & Sains
·
20 Oktober 2020 7:02

7 Hewan Unik Ini Punya Tubuh Tembus Pandang yang Menakjubkan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
7 Hewan Unik Ini Punya Tubuh Tembus Pandang yang Menakjubkan (575467)
Palmatogecko rangei. Foto: Lutz Worch via Wikimedia Commons
Alam liar menjadi tempat hidup bagi berbagai hewan dengan kemampuan dan bentuk tubuh yang unik. Salah satunya adalah hewan-hewan yang memiliki tubuh transparan atau tembus pandang.
ADVERTISEMENT
Kebanyakan binatang memiliki tubuh transparan sebagai bentuk pertahanan diri dari ancaman predator. Bagian tubuh yang tembus pandang pun bervariasi pada setiap spesies hewan.
Dilansir Science Focus, setidaknya ada tujuh hewan di dunia yang menakjubkan karena tubuhnya yang transparan. Apa saja dan bagaimana rupa hewan tersebut? Berikut ulasannya.

1. Kupu-kupu Sayap Kaca (Greta oto)

7 Hewan Unik Ini Punya Tubuh Tembus Pandang yang Menakjubkan (575468)
Kupu-kupu sayap kaca Greta oto. Foto: David Tiller via Wikimedia Commons
Bagian sayap dari Greta oto benar-benar transparan. Ukuran sayap tersebut adalah sekitar 5 sampai 6 cm. Kupu-kupu sayap kaca cukup umum ditemukan di daerah asalnya, Amerika Tengah.
Menurut ilmuwan, sayap tembus pandang ini adalah bentuk adaptasi Greta oto untuk mempertahankan diri dari predator. Struktur lilin pada sayap si serangga memberikan sifat tembus pandang sehingga predator akan sangat kesulitan menemukannya di alam bebas.
ADVERTISEMENT

2. Katak Kaca (Hyalinobatrachium aureoguttatum)

7 Hewan Unik Ini Punya Tubuh Tembus Pandang yang Menakjubkan (575469)
Katak kaca Hyalinobatrachium aureoguttatum. Foto: Diego F. Cisneros-Heredia via ResearchGate
Amfibi tembus pandang ini hidup di hutan tropis Amerika Selatan dan Tengah. Tubuhnya yang transparan membuat kita dapat melihat jantung, pembuluh darah, tulang, hingga saluran pencernaannya dengan jelas.
Penelitian mengungkapkan bahwa tubuh tembus pandang ini adalah bentuk pertahanan diri Hyalinobatrachium aureoguttatum dari predator. Bagian kaki katak ini memiliki tingkat kecerahan yang mirip dengan dedaunan hutan tropis. Hal ini membuat mereka dapat membaur dengan mudah ketika ada predator yang mendekat.

3. Ubur-ubur Kenari Laut (Mnemiopsis leidyi)

7 Hewan Unik Ini Punya Tubuh Tembus Pandang yang Menakjubkan (575470)
Ubur-ubur kenari laut Mnemiopsis leidyi. Foto: Bruno C. Vellutini via Wikimedia Commons
Binatang laut satu ini tidak memiliki otak. Meski begitu, tubuhnya sangat cantik karena seluruhnya transparan dengan sentuhan warna-warni seperti pelangi.
Tubuh Mnemiopsis leidyi terdiri dari 97 persen air. Oleh karena itu, tubuhnya sangat rentan dan rapuh. Uniknya lagi, ubur-ubur ini tidak memiliki struktur tubuh. Ia bergerak di lautan dengan memanfaatkan rambut yang berada di sekujur tubuhnya.
ADVERTISEMENT
Namun, ubur-ubur kenari laut tidak dapat menghasilkan cahaya pelanginya sendiri. Ia membutuhkan sumber cahaya buatan dari luar seperti dari kapal selam atau senter yang dibawa oleh penyelam laut dalam.

4. Ikan Mata Gentong Pasifik (Macropinna microstoma)

7 Hewan Unik Ini Punya Tubuh Tembus Pandang yang Menakjubkan (575471)
Ikan mata gentong Macropinna microstoma. Foto: Kim Reisenbichler/Monterey Bay Aquarium Research Institute
Ikan yang satu ini memiliki kepala yang transparan. Kepala tersebut terlihat memiliki semacam cairan dan membuatnya terlihat mirip seperti kokpit helikopter atau pesawat terbang.
Ikan mata gentong pasifik dapat ditemukan di lepas pantai California, Amerika Serikat. Ukuran tubuhnya tidak besar, hanya sekitar 15 cm. Namun, mata dari ikan ini menjadi organ yang paling kuat dan menakjubkan.
Berbeda dari kebanyakan ikan yang memiliki mata pada sisi kanan dan kiri kepala, kedua mata Macropinna microstoma terletak pada bagian depan kepala. Mata tersebut juga sangat sensitif cahaya. Hasilnya, ikan berkepala tembus pandang ini punya pengelihatan yang sangat baik.
ADVERTISEMENT

5. Kumbang Kura-kura (Acromis sparsa)

7 Hewan Unik Ini Punya Tubuh Tembus Pandang yang Menakjubkan (575472)
Kumbang kura-kura Acromis sparsa. Foto: yakovlev.alexey via Wikimedia Commons
Kumbang kura-kura membutuhkan tubuh yang transparan agar tidak dimangsa predator saat makan. Kumbang ini sangat menyukai daun sehingga membuatnya mudah diterkam hewan lain.
“Kumbang kura-kura makan di atas daun, (hal ini) membuat mereka rentan dimangsa,” kata Dr. Ashleigh Whiffin, ahli entomologi dari Museum Nasional Skotlandia. “Sementara itu, beberapa (kumbang) membuat elytra (atau pelindung sayap) mereka serupa dengan tanaman inang.”
“(Namun), pada spesies seperti Acromis sparsa, bagian ujung sayapnya benar-benar transparan. Area ini tidak memiliki pigmen, sehingga daun di bawah terlihat, dan mampu menyembunyikan bentuk tubuh serangga (dari predator).”

6. Tokek Pasir Namibia (Palmatogecko rangei)

7 Hewan Unik Ini Punya Tubuh Tembus Pandang yang Menakjubkan (575473)
Palmatogecko rangei. Foto: Stefan Kuemmel via Wikimedia Commons
Tokek Pasir Namibia adalah satu dari sedikit reptil yang memiliki tubuh transparan. Tubuhnya yang tembus pandang mampu membuat Palmatogecko rangei menyatu dengan mudah di bukit pasir di benua Afrika.
ADVERTISEMENT
Tokek satu ini dapat menggali pasir menggunakan kakinya yang kuat. Selain itu, ia juga dapat bergerak cepat untuk memangsa serangga yang hidup di bukit pasir Afrika.

7. Udang Hantu (Palaemonetes)

7 Hewan Unik Ini Punya Tubuh Tembus Pandang yang Menakjubkan (575474)
Palaemonetes. Foto: Kazvorpal via Wikimedia Commons
Di seluruh dunia, ada 40 spesies udang yang memiliki tubuh transparan. Salah satu yang paling unik dan menakjubkan adalah Udang Hantu atau udang dari keluarga Palaemonetes.
Tubuhnya yang tembus pandang membuat setiap orang bisa melihat isi tubuh udang ini. Tidak hanya itu, proses pencernaan dan berkembang biak juga dapat terlihat secara jelas meski terjadi di dalam tubuh Udang Hantu.
(EDR)