kumparan
10 September 2018 7:33

Alat Khusus Tercipta demi Keluarkan Dildo dari Lubang Anus Pria Italia

Dildo tersangkut di lubang anus seorang pria di Italia
Dildo tersangkut di lubang anus seorang pria di Italia. (Foto: Dok. Tringali, A. et al./BMJ Case Reports)
Tim dokter di AAST Grand Hospital di Milan, Italia, baru-baru ini menambahkan alat baru ke gudang peralatan mereka setelah menghadapi kasus yang memaksa mereka untuk berinovasi. Dikutip dari IFL Science, kasus yang menantang para dokter ini adalah kasus tersangkutnya dildo sepanjang 60 sentimeter di lubang anus seorang pria.
ADVERTISEMENT
Dalam laporan medis yang telah dipublikasikan di BMJ Case Reports pada 1 September 2018, ahli endoskopi Dr. Lorenzo Dioscoridi dan rekan-rekannya merinci perawatan terhadap pria nahas tersebut. Selama pemeriksaan awal dan mendapat pertanyaan dari staf rumah sakit yang bertugas, pria berusia 31 tahun tersebut menjelaskan bahwa dildo yang tersangkut di lubang anusnya tidak bisa ia cabut dengan tangannya. Oleh karena itu, ia meminta bantuan pihak rumah sakit.
Dildo tersebut telah tersangkut di dalam lubang anusnya selama 24 jam. Pria itu mengatakan, selain sakit perut ringan, dia sebenarnya merasa baik-baik saja dengan kondisi tersebut. Meski begitu, ia merasa tidak nyaman dengan tersangkutnya dildo tersebut sehingga memutuskan pergi ke rumah sakit.
Setelah dilakukan pemeriksaan X-ray di rumah sakit, pria itu kemudian dirujuk ke bagian endoskopi.
ADVERTISEMENT
Tim Dr. Dioscoridi kemudian mencoba melakukan beberapa pendekatan standar untuk mengeluarkan dildo tersebut dari usus besar terminal si pria nahas. Upaya yang sempat dilakukan antara lain adalah menjerat dildo itu dengan alat pengikat yang bisa digunakan untuk menghilangkan polip hingga menggesernya dengan balon yang telah dibesarkan dan kemudian mencoba mengambilnya dengan tang.
Semua cara tersebut gagal. Maka kemudian tim dokter ini merasa perlu untuk menciptakan alat khusus untuk mengambil dildo tersebut dari lubang dubur si pria.
Mereka kemudian mencoba membuat alat sendiri, yaitu berupa kabel medis yang bisa didorong melalui tabung stent. Tidak seperti alat penjerat polip yang ada, alat baru buatan ini ternyata cukup kaku untuk melingkari dildo tersebut dan bisa menariknya menjauh dari dinding usus.
ADVERTISEMENT
Alat buatan ini mereka namakan “lasewire lasso”.
Alat khusus untuk mengeluarkan dildo dari lubang anus
Alat khusus untuk mengeluarkan dildo dari lubang anus (Foto: Tringali, A. et al./BMJ Case Reports, 2018)
"Kami akhirnya berhasil melakukan ekstraksi (pengeluaran) endoskopi dengan alat tersebut, menangkap pinggiran dildo dengan lasso guidewire ini," tulis Dr Dioscoridi dan rekan-rekannya di laporan medis tersebut.
"Kami menyarankan teknik baru ini sebagai pilihan yang valid untuk mengeluarkan benda asing besar dari kolon dan rektum ketika metode endoskopi standar untuk ekstraksi (pengeluaran) benda asing gagal," kata mereka lagi dalam laporan tersebut.
Selain memajukan memajukan bidang pengeluaran benda asing dari dalam tubuh, khususnya lubang anus, kisah dari kasus ini juga memiliki akhir yang bahagia bagi pria 31 tahun itu. Pada akhirnya pria itu bisa kembali ke rumah pada hari yang sama setelah pencabutan dildo berhasil dilakukan dan dia tidak menderita sakit perut yang berkelanjutan.
ADVERTISEMENT
Menurut laporan medis tersebut, pria di Italia itu juga menulis surat ucapan terima kasih kepada para dokter karena bisa menyelesaikan "masalah memalukan" tersebut tanpa melalui operasi.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan