Tekno & Sains
·
16 Desember 2019 19:13

Begini Wajah Bumi Jika Semua Air Laut Habis

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Begini Wajah Bumi Jika Semua Air Laut Habis (103880)
Ilustrasi globe. Foto: flickr
Saat kamu melihat globe atau peta dunia, kamu akan melihat bahwa Bumi didominasi oleh warna biru. Ini tak lain karena 70 persen permukaan Bumi adalah lautan. Hamparan biru di antara daratan berwarna cokelat itu menyimpan misteri abadi, banyak pula darinya yang belum diketahui tentang apa yang bersemayam di bawah lautan terdalam.
ADVERTISEMENT
Membayangkan seperti apa dunia tanpa air adalah eksperimen yang sangat luar biasa, dan hal ini telah dilakukan oleh seorang ilmuwan planet bernama Dr James O’Donoghue dari Japan Space Agency (JAXA) yang dapat kita lihat dalam video animasi berikut ini.
Video
Terinspirasi dari animasi NASA 2008 yang memperlihatkan permukaan air mengalami penurunan, Dr. O’Donoghue membuat eksperimen yang jauh lebih mendalam. Dengan menggabungkan banyak data terbaru, ia mampu membuat animasi yang memiliki 35 kali lebih banyak piksel.
Ia juga menambahkan data angka yang menunjukkan perubahan level air. Yang terpenting, ia memastikan bahwa orang-orang dapat melihat eksperimennya dengan bebas, salah satunya dengan menyebarkan di media sosial Twitter dan YouTube.
Paling menarik dalam eksperimen ini ada pada bagian akhir video, di mana benua yang awalnya terpisah oleh lautan dapat terhubung tatkala air surut dan berubah menjadi daratan luas.
Begini Wajah Bumi Jika Semua Air Laut Habis (103881)
Ilustrasi Bumi. Foto: NASA
"Saya paling terkejut dengan penampilan langsung jembatan darat, misalnya selama Zaman Es terakhir Inggris dan Eropa dihubungkan, Rusia dan Alaska saling terhubung, dan wilayah antara Asia dan Australia sebagian besar terhubung," ujar Dr O'Donoghue kepada IFLScience.
ADVERTISEMENT
“Jembatan-jembatan ini memungkinkan manusia untuk bermigrasi tanpa kapal, jadi peta ini sangat membantu dalam menjelaskan bagaimana banyak migrasi manusia dimungkinkan pada masa itu. Dengan kata lain itu adalah pelajaran pra-sejarah!"
Dr. O'Donoghue diketahui memiliki animasi menakjubkan lain yang diposting di akun YouTube-nya, termasuk berbagai pengetahuan tentang Jupiter dan Saturnus. Dia juga bagian dari tim yang mempelajari bagaimana cincin Saturnus menghujani planetnya sendiri secara perlahan tapi pasti.