Tekno & Sains
·
11 November 2020 7:32

Harimau Hitam Super Langka Tertangkap Kamera, Ini Wujudnya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Harimau Hitam Super Langka Tertangkap Kamera, Ini Wujudnya (54106)
Harimau Foto: Pixabay
Seorang fotografer amatir secara tak sengaja melihat pemandangan yang tak bisa. Ia menemukan harimau hitam sangat langka di hutan Odisha, India. Tak mau menyia-nyiakan momen tersebut, ia lantas mengabadikan penampakan harimau tersebut lewat kameranya.
ADVERTISEMENT
Soumen Bajpayee, melihat harimau langka dengan warna hitam dominan di tubuhnya saat dirinya mengunjungi Cagar Alam Nandakanan pada 2019 silam. Kepada NDTV Bajpayee mengatakan, saat ditemukan ia tengah mengamati seekor burung di cagar alam tersebut. Namun tiba-tiba, seekor hewan berwarna hitam dominan muncul tak jauh dari hadapannya.
“Saat saya melihat berbagai burung dan monyet di pepohonan, saya tiba-tiba melihat sesuatu yang tampak seperti harimau tapi tidak seperti harimau biasa,” katanya seperti dikutip mothership.sg.
Sebelum harimau hitam menyelinap ke pepohonan, Bajpayee dengan cepat mengambil beberapa gambar dengan kamera digital miliknya. Foto-foto itu kemudian diunggah ke akun Instagram miliknya.
Tak disangka, foto harimau hitam menjadi viral. Banyak netizen yang terpukau melihat harimau hitam yang hidup di alam liar itu. “Harimau yang sangat cantik,” tulis @akapochi dalam unggahan Bajpayee.
ADVERTISEMENT
“Saya sangat suka dengan warna hitamnya. Terlihat sangat cantik,” tulis linandric24.
Dibandingkan dengan harimau pada umumnya, harimau super langka ini memiliki belang hitam dominan pada tubuhnya. Di dunia sains, harimau hitam dikenal sebagai harimau pseudo-melanistik. Pertama kali ditemukan pada tahun 2007 di Taman Nasional Simlipal. Berdasarkan laporan Sensus Harimau 2018, jumlah harimau hitam menurun drastis.
Harimau hitam ini bukan spesies yang berbeda. Warna hitam di tubuhnya diakibatkan mutasi gen. Mutasi gen menyebabkan peningkatan pigmen gelap pada bulunya. Diyakini karena perkawinan sedarah.
Lebih dari 75 persen harimau di dunia tinggal di India, dengan data jumlah terakhir pada 2019 adalah 3.000 ekor. Dilaporkan Times of India, Wildlife Institute of India mengatakan bahwa harimau hitam hanya bisa ditemukan di negara bagian Odisha dan tidak ditemukan di tempat lain di dunia. Mayoritas dari mereka dapat ditemukan di Taman Nasional Simlipal.
ADVERTISEMENT
“Saya yakin hanya ada tujuh hingga delapan harimau hitam yang tersisa. Sangat penting dilestarikan karena harimau ini paling unik di dunia berkat mutasi genetiknya,” kata Dr. Bivash Pandash, seorang ilmuwan di Wildlife Institute of India kepada Times of India.
***
Saksikan video menarik di bawah ini.