kumparan
15 Agustus 2018 15:04

India Akan Luncurkan Roket Berisi Manusia ke Luar Angkasa pada 2022

Hari Kemerdekaan India
Perdana Menteri India Narendra Modi saat berjalan mendatangi acara Hari Kemerdekaan di Benteng Merah, Delhi, India (15/8/2018). (Foto: REUTERS/Adnan Abidi)
India akan mencetak sejarah baru di bidang keantariksaan nasionalnya. Pemerintah Negeri Barata telah menyatakan bahwa mereka akan meluncurkan misi luar angkasa berawak pertama mereka pada 2022 nanti.
ADVERTISEMENT
Itu artinya India akan menjadi negara keempat, setelah Amerika Serikat, Rusia, dan China yang pernah meluncurkan roket berisi manusia ke luar angkasa.
Kabar mengenai rencana peluncuran misi luar angkasa berawak ini diungkapkan langsung oleh Perdana Menteri India Narendra Modi dalam pidatonya di acara Hari Kemerdekaan India, Rabu (25/8). Selain mengumumkan rencana misi luar angkasa tersebut, Modi juga mengatakan bahwa pemerintah India akan merilis skema asuransi kesehatan bagi warga miskin di negeri mereka sejak 25 September 2018 nanti.
“Sudah saatnya kita memastikan bahwa orang miskin di India mendapatkan akses ke perawatan kesehatan yang berkualitas baik dan terjangkau,” kata Modi di Benteng Merah era Mughal di Delhi, sebagaimana dikutip dari Reuters.
Hari Kemerdekaan India
Perdana Menteri India Narendra Modi saat berjalan mendatangi acara Hari Kemerdekaan di Benteng Merah, Delhi, India (15/8/2018). (Foto: REUTERS/Adnan Abidi)
Peringatan hari kemerdekaan tersebut merupakan perayaan ke-72 tahun kemerdekaan India. India merdeka dari penjajahan Inggris pada tahun 1947, dua tahun lebih lambat dibanding Indonesia.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, perkembangan di bidang sains dan teknologi India tampaknya kini justru sudah lebih maju dibanding Indonesia. Sebut saja misalnya di bidang keantariksaan. Berkali-kali Indonesia meluncurkan satelit-satelitnya melalui roket-roket milik India.
Selain itu, sebagaimana dikutip dari VOA, sudah ada astronaut India yang pernah ke luar angkasa, yakni Rakesh Sharma yang menumpang roket Uni Soviet pada 1984 lalu.
Dan yang lebih mengagumkan lagi, di abad ini India juga sudah berhasil meluncurkan satelitnya di orbit planet Mars, tepatnya pada 2014 lalu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan