kumparan
14 Juni 2018 12:02

Ini Alasan Kenapa Kamu Tidak Boleh Bunuh Laba-laba di Rumah

Laba-laba
Laba-laba (Foto: Pexels)
Walaupun kamu tidak menderita arachnofobia atau ketakutan berlebihan pada laba-laba, kamu mungkin juga termasuk orang yang benci pada laba-laba dan menganggap makhluk berkaki delapan ini menyeramkan. Apalagi, beberapa jenis laba-laba memiliki racun yang mampu melumpuhkan manusia dewasa.
ADVERTISEMENT
Karena itu, bukan hal yang aneh kalau kita langsung berpikiran untuk membunuh laba-laba yang kita temui, apalagi kalau ada di dalam rumah kita.
Menurut Matt Bertone, Extension Associate in Entomology di North Carolina State University, sebaiknya kamu tidak membunuh laba-laba yang menghuni rumahmu karena hewan itu ternyata memiliki kegunaan.
Bertone dan koleganya melakukan survei di 50 rumah di North Carolina, Amerika Serikat, dan menemukan bahwa semua rumah itu dihuni oleh laba-laba dan jenis yang paling banyak adalah cobweb spider dan cellar spider.
Laba-laba
Laba-laba (Foto: Pixabay)
Laba-laba memang senang tinggal di dalam ruangan. Tapi, sebagian besar laba-laba yang memilih untuk tinggal di dalam rumah biasanya tidak agresif ataupun berbahaya, bahkan mereka dapat memberikan manfaat untuk rumah yang mereka tinggali.
ADVERTISEMENT
Mengapa Bertone menyarankan agar kita sebaiknya tidak membunuh laba-laba?
“Laba-laba bisa menangkap hama pengganggu dan bahkan serangga pembawa penyakit, seperti misalnya nyamuk,” tulis Bertone di The Conversation.
Bahkan, ada spesies laba-laba yang hanya mengincar nyamuk yang penuh dengan darah di Afrika.
Karena itu, membunuh laba-laba yang tinggal di rumahmu sama saja dengan membunuh predator serangga dan hama yang ada di dalam rumah, dan hal ini dapat membuat serangga serta hama tidak terkendali.
Seperti yang sudah diinformasikan di atas, laba-laba yang berada di rumah kemungkinan besar tidak berbahaya bagi manusia. Bahkan mereka sebenarnya adalah makhluk yang pemalu dan lebih senang untuk menghindari manusia.
Mungkin kamu pernah menjumpai laba-laba di rumahmu?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan