Tekno & Sains
·
11 Desember 2020 8:15

Iseng Cabuti Rumput, Tukang Kebun Ini Temukan Harta Karun Emas Abad ke-15

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Iseng Cabuti Rumput, Tukang Kebun Ini Temukan Harta Karun Emas Abad ke-15 (28928)
searchPerbesar
Benda bersejarah koin abad 15 Foto: PAS British Museum
Seorang tukang kebun tak sengaja menemukan harta karun saat sedang mencabuti rumput di sebuah kebun di Hampshire, Inggris. Harta karun tersebut adalah kepingan koin dari abad 15 yang harganya lebih tinggi dari rata-rata gaji tahunan pada periode Tudor.
ADVERTISEMENT
Penemuan harta karun ini adalah salah satu dari 47.000 penemuan yang terdaftar di museum barang antik portabel (PAS) di Inggris tahun ini. PAS mencatat ada 6.251 penemuan barang antik selama lockdown akibat pandemi corona pertama kali.
Adapun harta karun koin emas yang ditemukan di Hampshire tersebut sebanyak 63 koin emas dan satu perak. Koin-koin tersebut digali di kawasan hutan baru dan diperkirakan telah dikubur sejak tahun 1540.
Timbunan koin tersebut berasal dari akhir abad ke-15 atau awal abad ke-16, dan termasuk empat koin dari masa pemerintahan Henry VIII.
Di tempat lain, ditemukan juga 50 koin emas dari era apartheid Afrika Selatan di taman Milton Keynes, Buckinghamshire, Inggris. Berdasarkan laporan, koin tersebut adalah Krugerrand 1oz yang dicetak oleh perusahaan pembuat koin Rand Refinery di Germiston, Afrika, pada tahun 1970-an.
Iseng Cabuti Rumput, Tukang Kebun Ini Temukan Harta Karun Emas Abad ke-15 (28929)
searchPerbesar
Benda bersejarah koin era apartheid Afrika Selatan Foto: PAS British Museum
Tidak diketahui bagaimana koin tersebut bisa sampai ke Inggris. Petugas penyelidik juga masih mencari tahu apakah ada sosok pemilik koin atau ahli warisnya.
ADVERTISEMENT
Selain itu ada juga temuan furnitur di zaman Romawi yang terbuat dari perpaduan tembaga di Old Basing, Hampshire, Inggris. Furnitur tersebut diperkirakan berasal dari tahun 42 hingga 200 masehi.
Ilmuwan menilai bahwa perlengkapan furnitur tersebut masih dalam keadaan yang sangat dengan baik. Ada hiasan wajah dewa Oceanus yang berkumis dan berjenggot serta daun rumput laut yang menghiasi wajahnya yang tampak sangat terawat.
Di Dursley, Gloucestershire, seorang arkeolog taman belakang juga  menemukan matriks segel abad pertengahan dari paduan timbal atas nama David, Uskup St Andrews. Matriks oval runcing menunjukkan uskup, yang diidentifikasi sebagai pendeta abad ke-13 David de Bernham, berdiri dengan jubahnya, dengan tongkat uskup di tangan kirinya.
Prasasti dalam bahasa Latin tersebut bertuliskan 'David, utusan Tuhan, uskup St Andrews'. Segel status yang tinggi biasanya terbuat dari paduan tembaga atau bahkan perak. Hal itu menunjukkan bahwa matriks tersebut adalah pemalsuan kontemporer.
Iseng Cabuti Rumput, Tukang Kebun Ini Temukan Harta Karun Emas Abad ke-15 (28930)
searchPerbesar
Benda sejarah matriks segel Foto: PAS British Museum
Di bawah Undang-Undang Harta Karun 1996, penemu harus melaporkan harta karun kepada petugas setempat. Kini ada lebih dari 1,5 juta objek temuan yang tercatat.
ADVERTISEMENT
British Museum juga mengumumkan 81.602 penemuan arkeologi pada tahun 2019, meningkat lebih dari 10.000 pada tahun sebelumnya dan menjadikan total pada database PAS lebih dari 1,5 juta objek.
"Bahkan saat ini, melalui pandemi COVID-19, tim Finds Liaison Officers kami terus menjangkau pendeteksi logam dan lainnya untuk memastikan temuan, penting untuk memahami masa lalu Inggris, agar tidak hilang dan untuk sejarah bagi anak cucu,” kata Michael Lewis, kepala PAS dan harta karun di British Museum.
***
Saksikan video menarik di bawah ini.