Tekno & Sains4 Agustus 2020 8:03

Jamur Ini Ubah Serangga Jadi Zombie, Bisa Menular Seperti di Film Fiksi

Konten Redaksi kumparan
Jamur Ini Ubah Serangga Jadi Zombie, Bisa Menular Seperti di Film Fiksi (780097)
Jangkrik berkala atau tonggeret dari genus Magicicada. Foto: Twitter/Cicada Mania
Pernahkah kamu menonton film zombie, kondisi di mana tubuh manusia tak bisa lagi dikontrol karena infeksi parasit berbahaya? Mereka bisa menginfeksi manusia lainnya melalui gigitan. Peristiwa kali ini tampaknya sedikit sama dengan film zombie tersebut. Meski pelakunya bukan manusia, melainkan serangga.
ADVERTISEMENT
Para peneliti baru-baru ini menemukan kondisi mengerikan pada tonggeret yang mengalami zombifikasi oleh parasit berbahaya. Ketika jamur parasit dengan nama Massospora menginfeksi tonggeret dan mulai mengunyah tubuhnya, mereka akan menggantikan setiap jaringan di tubuh jangkrik dengan massa spora kuning.
Parasit itu bahkan bisa mengontrol pikiran tonggeret jantan untuk mengepakkan sayap dalam gerakan yang biasanya dilakukan betina sebagai bagian dari ritual menarik perhatian jantan. Jantan lain yang teperdaya, kemudian akan bersenggama dengan jantan yang terinfeksi. Bak virus, ia juga berubah menjadi zombie.
Studi yang diterbitkan dalam jurnal PLOS Pathogens menjelaskan, hubungan antara zombie dan inang ini bisa jadi sangat sulit diamati. Kali ini peneliti menemukan kasus serangga zombie pada tonggeret dalam genus Magicicada, yang dikenal sebagai tonggeret berkala.
ADVERTISEMENT
Video
Serangga berbadan hitam dan mata merah ini bisa menghabiskan waktu selama 13 hingga 17 tahun di dalam tanah sebagai nimfa yang belum dewasa. Oleh karena itu, meneliti tonggeret adalah hal yang cukup sulit bagi para ilmuwan karena pertumbuhannya yang sangat lambat, hal itu disampaikan oleh Brian Lovett, seorang peneliti di Divisi Ilmu Tanaman dan Tanah dari West Virginia University (WVU).
Ketika tonggeret keluar dari tanah, mereka hanya menghabiskan waktu beberapa hari saja di permukaan, mencari pasangan untuk kawin, bertelur, kemudian mati. Namun, untuk tonggeret yang terinfeksi Massospora, kehidupan mereka berubah menjadi lebih buruk.
Sekitar seminggu setelah terinfeksi, spora jamur akan melahap perut tonggeret hingga tubuh serangga hancur, kendati mereka tidak mati. Sebaliknya, tonggeret akan terbang dan menyebarkan spora zombifying dalam proses yang dikenal sebagai Active Host Transmission, di mana parasit telah mengendalikan pikiran inangnya.
ADVERTISEMENT
Seperti yang dilaporkan Lovett dan rekan-rekannya, bentuk dari kendali pikiran itu ialah memaksa jantan meniru perilaku betina, mengepakkan sayap untuk memikat jantan lain dan menginfeksi lebih banyak tonggeret.
Jamur Ini Ubah Serangga Jadi Zombie, Bisa Menular Seperti di Film Fiksi (780098)
Ilustrasi parasit. Foto: David Williams/Illinois State University via Wikimedia Commons
“Sepengetahuan kami, ini adalah satu-satunya contoh AHT di mana patogen berperilaku setidaknya sebagai penyakit menular seksual, karena kadang-kadang penularan terjadi ketika jantan berusaha untuk kawin dengan jantan lain,” tulis para peneliti seperti dikutip Live Science.
Peneliti menemukan, ada zat kimia yang bertanggung jawab atas perilaku tersebut, salah satunya adalah psilocybis yang juga ditemukan dalam jamur halusinogen. Meski peneliti telah menemukan beberapa zat kimia dapat jamur Massospora, mereka belum mengetahui bagaimana mekanisme spora dalam mengendalikan tonggeret.
“Penemuan ini tidak hanya super keren tetapi juga memiliki banyak potensi dalam membantu kita memahami serangga dengan lebih baik, dan mungkin belajar cara yang lebih baik untuk mengendalikan spesies hama menggunakan jamur yang memanipulasi perilaku inang," ujar rekan penulis studi Angie Macias, kandidat doktor di WVU.
ADVERTISEMENT
Selain itu, penemuan ini membantu para ilmuwan untuk meneliti bagaimana Massospora dapat mengubah jangkrik menjadi zombie dan mengendalikan pikirannya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white