kumparan
11 November 2019 10:42

Kebun Binatang Australia Bikin Konser untuk Hibur Gajah-gajahnya

Ilustrasi gajah. Foto: Pixabay
Melbourne Zoo di Australia punya cara unik untuk menjaga gajah-gajahnya tetap bahagia. Kebun binatang itu mengundang musisi untuk melakukan konser di depan enam ekor gajah peliharaannya.
ADVERTISEMENT
"Kawanan gajah di alam liar akan bertemu dengan hal baru setiap harinya, entah itu buaya di sungai atau tempat yang banyak makanan," kata Erin Gardiner, salah satu petugas kebun binatang, dilansir IFL Science.
"Karena itu, lingkungan kebun binatang bisa jadi terasa sangat datar bagi mereka. Untuk itu, kami berusaha menciptakan sebuah lingkungan yang berbeda untuk menghibur mereka," lanjut dia.
Konser untuk gajah. Foto: Melbourne Zoo via YouTube.
Ide unik datang ketika ada beberapa gajah yang tampak menikmati lagu dari rombongan musisi yang hadir menghibur pengunjung kebun binatang. Melihat respons unik itu, kebun binatang memutuskan untuk mengundang musisi demi menghibur gajah-gajah mereka.
Bbanyak lagu yang diperdengarkan ke para gajah itu. Tapi, Gardiner mengatakan bahwa para gajah paling banyak memberi reaksi pada instrumen perkusi.
ADVERTISEMENT
"Ada banyak riset mengenai memutar rekaman musik pada hewan. Tapi, belum ada riset mengenai dampak musik yang dibawakan langsung musisi pada gajah," kata Gardiner.
Video
Gardiner mengaku pernah melihat keenam gajah di kebun binatang itu saling bergandengan dengan belalainya dan menggerakkan telinganya. Ia juga pernah melihat respons gajah seperti menari, yaitu di mana para gajah yang lebih tua mengelilingi gajah lain yang lebih muda.
Menurut Gardiner, reaksi yang para gajah berikan pada musik masih terbilang normal. Ia menambahkan bahwa reaksi ini meningkatkan rasa kebersamaan antar gajah dalam satu kawanan.
Uniknya, setelah musik berhenti para gajah tetap menunjukkan perilaku kebersamaan. Sayangnya, data yang kebun binatang miliki ini masih belum cukup untuk dipublikasikan di dalam sebuah jurnal ilmiah.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan