kumparan
30 Januari 2018 10:04

Kepala LAPAN Undang Kaum Bumi Datar untuk Saksikan Gerhana Bulan Total

Thomas Djamaluddin, Kepala LAPAN.
Thomas Djamaluddin, Kepala LAPAN. (Foto: Mulki Razqa)
Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin, mengatakan bahwa LAPAN akan memanfaatkan momen gerhana Bulan total pada 31 Januari 2018 ini untuk memberikan edukasi kepada publik.
ADVERTISEMENT
“(Pada saat gerhana Bulan) tidak ada penelitian karena banyak hal yang sudah diketahui mengenai gerhana Bulan, sehingga tidak ada aspek penelitiannya, tetapi lebih ke arah edukasi publik,” kata Thomas dalam sesi wawancara khusus bersama kumparan (kumparan.com), Rabu (24/1) .
Selain itu, Thomas juga mengatakan bahwa LAPAN ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa sebenarnya gerhana Bulan bisa diperhitungkan, bahkan hingga detail waktunya. Kapan gerhana akan dimulai, kapan puncak gerhana, dan kapan berakhirnya gerhana.
Video
Uniknya, selain memberikan penjabaran mengenai acara apa yang akan dilakukan oleh LAPAN dalam menyambut fenomena gerhana Bulan ini, Thomas juga memberikan ‘undangan’ kepada Kaum Bumi Datar untuk bersama-sama menyaksikan gerhana bulan sekaligus menghitung dengan metode mereka sendiri dan membandingkan keakuratannya dengan perhitungan LAPAN.
ADVERTISEMENT
“Jadi silakan buktikan akurasi dari perhitungan astronomi seperti itu. Nah ini sekarang ini ada komunitas Bumi datar yang cara pikirnya berbeda. Jadi silakan mereka juga menghitung dengan pola atau pemikiran mereka dengan konsep Bumi datar kapan terjadi gerhana, mereka bisa menghitung atau tidak,” kata Thomas.
Karena itu, salah satu tujuan dari edukasi LAPAN adalah untuk menunjukkan bahwa gerhana Bulan juga merupakan salah satu bukti bahwa Bumi itu bulat.
“Dan ya konsep yang saya sering sebut sebagai dongeng Bumi datar itu sebenarnya tidak punya dasar. Jadi ini kesempatan juga untuk ya kita sama-sama lah untuk mengedukasi publik mana sih yang benar.”
Seperti yang kita ketahui, bukan pertama kali Thomas membuka kesempatan kepada Kaum Bumi Datar untuk mendiskusikan bagaimana sebenarnya bentuk Bumi.
ADVERTISEMENT
Setelah berkali-kali melakukan diskusi via sosial media, Thomas sempat secara khusus mengundang Kaum Bumi Datar ke gedung LAPAN pada 30 Desember 2016 lalu untuk memberikan penjelasan ilmiah mengenai bentuk Bumi.
Nah, bagi kalian yang percaya kalau Bumi itu datar, sudah siapkah kalian menjawab undangan dari kepala LAPAN ini?
Video
Video
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan