kumparan
23 Agustus 2019 17:02

Riset: Foto Selfie di Medsos Memancing Penilaian Negatif Orang Lain

Ilustrasi perempuan selfie
Ilustrasi perempuan selfie. Foto: dok.Shutter Stock
Setiap kali kamu ingin mengunggah foto selfie kamu ke media sosial, terutama ke Instagram, pertimbangkanlah bahwa foto tersebut bisa membuat orang lain berpikir bahwa kamu adalah seorang loser alias pecundang. Sebuah laporan studi berjudul “Check Your Selfie before You Wreck Your Selfie” menyarankan kamu demikian.
ADVERTISEMENT
Dalam studi yang hasilnya telah diterbitkan di Journal of Research in Personality itu, para peneliti AS meminta 119 mahasiswa untuk meninjau feed Instagram dari 30 akun mahasiswa sebuah perguruan tinggi di AS. Para mahasiswa itu kemudian diminta untuk melihat 30 foto yang terakhir diposting.
Tim peneliti meminta para para mahasiswa itu untuk menilai para Instagrammer tersebut berdasarkan 13 atribut. Hasilnya, mereka menilai orang-orang yang memposting banyak foto selfie sebagai orang-orang yang kurang bertualang, kurang sukses, dan lebih kesepian daripada orang-orang yang berbagi foto-foto "pose" yang diambilkan oleh orang lain.
Ilustrasi Selfie
Ilustrasi Selfie Foto: Dok. Highsnobiety
Menurut Chris Barry, profesor psikologi di Washington State University yang menjadi salah satu peneliti dalam riset ini, para responden memberikan penilaian negatif terlepas dari apa pun gaya yang orang-orang lakukan dalam foto-foto selfie tersebut.
ADVERTISEMENT
"Bahkan ketika dua feed memiliki konten yang serupa, seperti penggambaran pencapaian atau perjalanan, penilaian terhadap orang yang memposting foto selfie adalah negatif dan penilaian terhadap orang yang memposting foto pose adalah positif," kata Barry dalam siaran pers yang diberitakan Futurism.
com-Ilustrasi selfie untuk foto “Outfit of the Day”
Ilustrasi selfie. Foto: Shutterstock
Dari sekian banyak jenis foto selfie, ada satu jenis foto selfie yang mendapat penilaian paling negatif. Yaitu, foto selfie yang dilakukan di depan cermin.
Tak peduli foto selfie di depan cermin itu dilakukan di tempat manapun, seperti kamar pribadi, WC umum, atau ruang fitting, jenis foto ini tetap mendapat penilaian paling buruk. Tak peduli juga jenis foto selfie ini dilakukan di gym untuk menunjukkan bahwa kamu suka olahraga dan memiliki bentuk tubuh yang bagus, orang-orang akan merasa jijik atau bahkan benci melihatnya.
ADVERTISEMENT
Jadi, pertimbangkanlah lagi jika kamu ingin mengunggah foto selfie ke media sosialmu.
Ilustrasi perempuan selfie
Ilustrasi perempuan selfie Foto: dok.Shutterstock
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan