Bola & Sports
·
22 Maret 2021 21:08

BWF Sudah Minta Maaf, Marcus Gideon Tegaskan Masalah Belum Kelar

Konten ini diproduksi oleh kumparan
BWF Sudah Minta Maaf, Marcus Gideon Tegaskan Masalah Belum Kelar (1231305)
searchPerbesar
Marcus Fernaldi Gideon. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) telah menyampaikan permintaan maaf secara resmi terkait dipaksa mundurnya tim bulu tangkis Indonesia dari All England 2021. Walau begitu, masalah ini tak bisa selesai begitu saja.
ADVERTISEMENT
Marcus Gideon dan kolega bisa pulang lebih awal dari Inggris dan tak perlu menjalani isolasi sampai 23 Maret 2021. Mereka sampai di Tanah Air pada Selasa (22/3) malam WIB. Hasil tes mereka di Inggris sebelumnya pun tak ada satu pun yang dinyatakan positif corona.
Skuad 'Merah Putih' tampak sudah mulai mengarahkan fokus kepada turnamen lain yang akan datang. Namun sekali lagi, masalah di All England ini tak bisa tutup buku begitu saja hanya karena Presiden BWF telah menyampaikan surat permintaan maaf.
"Kalau menurut saya, harusnya masalah ini harus diperjelas, ya, kan kita pertandingannya sudah mulai sedikit untuk persiapan mau Olimpiade. Takutnya nanti ada apa-apa di jalan, BWF lepas tangan lagi kayak gini dan tinggal kasih surat permintaan maaf aja, beres gitu," kata Marcus saat konferensi pers di Bandara Soekarno-Hatta.
BWF Sudah Minta Maaf, Marcus Gideon Tegaskan Masalah Belum Kelar (1231306)
searchPerbesar
Marcus/Kevin di All England 2020. Foto: Reuters/Andrew Boyers
"Maksudnya biar ada pertanggungjawabannya gimana gitu, kemarin kan bener-bener terlihat banget ketidakadilannya menurut saya dan menurut teman-teman semua. Jadi, harus diperjelas dan enggak segampang itu tinggal bilang, 'Saya minta maaf, salah', udah beres gitu. Gitu aja, sih," lanjutnya.
ADVERTISEMENT
Marcus Gideon adalah salah satu atlet bulu tangkis Indonesia yang paling lantang bersuara di media sosial saat keputusan tim RI dipaksa mundur dari All England mencuat. Ia mengkritik BWF dan panitia penyelenggara via akun Instagram pribadinya.
Kala itu, rekan tanding Kevin Sanjaya ini mempertanyakan beberapa hal. Mulai dari kenapa tim RI tidak mendapat keadilan untuk dilakukan tes ulang dan malah langsung dikarantina hingga tentang tidak adanya sistem bubble di All England.
All England 2021 adalah turnamen pertama Marcus/Kevin usai setahun vakum bermain gara-gara pandemi corona. Turnamen terakhir Minions sebelumnya adalah All England 2020, di mana mereka menjadi runner up.
***
Saksikan video menarik di bawah ini.