kumparan
1 Januari 2019 17:33

Juan Martin del Potro Absen di Australia Terbuka 2019

Juan Martin del Potro
Del Potro beraksi di Shanghai Masters 2018. (Foto: AFP/Johannes Eisele)
Australia Terbuka yang merupakan gelaran Grand Slam pembuka tahun 2019 akan digelar mulai 14 Januari mendatang. Dari nomor tunggal putra, Juan Martin del Potro dipastikan tidak akan ikut serta dalam turnamen tesebut karena masih menjalani pemulihan pascacedera.
ADVERTISEMENT
Lewat akun media sosialnya, Del Potro mengumumkan kabar tersebut. Petenis Argentina itu menulis, "Pemulihan berjalan bagus dan nanti akan kukabari lagi kapan aku akan kembali. Itu tidak akan terjadi di Australia, tetapi aku merasa gembira dengan progres yang kualami saat ini."
Cedera memang musuh besar bagi Del Potro. Sejak menjuarai Amerika Serikat Terbuka pada 2009 dia telah menjalani tiga operasi untuk menyembuhkan cedera pergelangan tangan. Cedera parah pertama terjadi pada 2010 dan hal itu sempat membuat dirinya absen selama setahun. Lalu, cedera kedua terjadi pada 2014 sampai 2015. Del Potro pun baru bisa kembali ke tenis pada 2016.
Perlahan Del Potro mampu bangkit dan mengumpulkan poin untuk kembali menembus jajaran elite dunia. Akhirnya, pada 2018 pria 30 tahun ini mampu kembali menemukan permainan terbaik dengan menembus semifinal Prancis Terbuka dan final AS Terbuka.
ADVERTISEMENT
Sayangnya, Del Potro gagal di dua kesempatan itu. Di Roland Garros, dirinya ditekuk oleh Rafael Nadal yang akhirnya keluar sebagai juara. Sementara itu, di Flushing Meadows, Del Potro harus menyerah di hadapan Novak Djokovic. Walau begitu, sebelum dua turnamen itu Del Potro sudah terlebih dahulu mengamankan gelar juara di Indian Wells Masters.
Masa-masa indah Del Potro itu terhenti pada Oktober. Di ajang Shanghai Masters, petenis peringkat lima dunia itu mengalami retak tempurung lutut. Cedera itulah yang saat ini tengah berusaha disembuhkannya.
Adapun, dengan urungnya Del Potro tampil di Australia Terbuka, artinya pria berpostur 198 cm itu masih harus menunggu setidaknya setahun untuk memperbaiki rekor di ajang tersebut. Sejak menembus dunia tenis profesional pada 2008, belum pernah sekali pun Del Potro mampu melangkah lebih jauh dari perempat final.
ADVERTISEMENT
Pada 2009 dan 2012 Del Potro sukses menjejak babak perempat final Australia Terbuka. Namun, dalam dua kesempatan itu dia selalu takluk di tangan Roger Federer. Pada musim kompetisi 2018 sendiri Del Potro cuma bisa berpartisipasi sampai babak ketiga di mana dirinya disingkirkan oleh Tomas Berdych.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan