Bola & Sports
·
27 November 2019 12:03

Menpora Kukuhkan Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2019

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Menpora Kukuhkan Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2019 (174096)
Atlet Indonesia mencium bendera merah putih saat pengukuhan kontingen Indonesia untuk SEA Games 2019 di Hall Basket GBK, Rabu (27/11/2019). Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan
Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2019 Filipina akhirnya resmi dikukuhkan. Prosesi pengukuhan berlangsung di Hall Basket Komplek Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Rabu (27/11/2019).
ADVERTISEMENT
Dipimpin langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, acara dimulai pukul 10:00 WIB. Prosesi dimulai dengan pembacaan surat keputusan penetapan atlet kontingen Indonesia oleh Sekretaris Jenderal Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Ferry Kono.
Chef de Mission (CdM) kontingen 'Merah Putih', Harry Warganegara, kemudian melaporkan kesiapan skuat Indonesia yang akan diberangkatkan ke Filipina yang diikuti oleh laporan Ketum KOI, Raja Sapta Oktohari.
"Keikutsertaan Indonesia adalah untuk menjunjung tinggi persahabatan dan persaudaraan lewat olahraga. Para atlet telah dipersiapkan sebaik mungkin oleh para cabor untuk mendapat prestasi terbaik," kata Okto, sapaan akrab Raja Sapta, dalam sambutannya.
Prosesi pengukuhan kontingen Indonesia untuk SEA Games 2019 akhirnya resmi dilakukan dengan ditandai lewat penyerahan bendera Merah-Putih dari Menpora kepada Ketum KOI dan diteruskan ke CdM kontingen Indonesia.
ADVERTISEMENT
Acara kemudian berlanjut dengan pembacaan tekad atlet yang dibacakan oleh atlet putra pencak silat, Hanifan Yudani Kusuma, dan atlet putri taekwondo, Defia Rosmaniar. Setelahnya, Menpora memberikan sambutan.
Menpora Kukuhkan Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2019 (174097)
Kontingen Indonesia menjalani pengukuhan sebelum bertolak ke Filipina untuk bertanding di SEA Games 2019. Foto: Aditia Rijki Nugraha/kumparan
Dalam sambutan tersebut, Menpora berharap semua atlet dapat fokus ke pertandingan dan tak memikirkan kendala teknis tuan tumah yang tengah ramai diberitakan belakangan ini. Prosesi diakhiri dengan penciuman bendera Merah Putih oleh CdM dan perwakilan kontingen Indonesia.
"Tanpa dukungan semua pihak kita tidak bisa memperispkan atlet untuk bertanding pada SEA Games di Filipina. Kita selalu berharap kembali dengan membawa medali emas. Bukan hanya membawa nama pribadi atau cabor, tapi membawa keinginan dan harapan 260 juta rakyat Indonesia," ujar Zainudin.
Indonesia akan mengikuti 51 cabang olahraga (cabor) dari total 56 yang dipertandingkan. Kontingen 'Merah-Putih' terdiri dari 1.349 orang dengan rincian 837 atlet, 52 manajer, 192 ofisial, 69 ofisial mandiri, 31 ofisial ekstra, dan 168 headquarter.
ADVERTISEMENT
Menpora Kukuhkan Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2019 (174098)
Menpora Zainudin Amali memberikan sambutan saat pengukuhan kontingen Indonesia untuk SEA Games 2019 di Hall Basket GBK, Rabu (27/11/2019). Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan
Akan tetapi, acara ini tak diikuti oleh seluruh atlet. Beberapa atlet, seperti skuat sepak bola, polo air, floorball, dan ofisial, sudah berangkat lebih dulu ke Filipina.
Usai proses pengukuhan selesai, kontingen Indonesia di SEA Games 2019 akan bertolak ke Istana Bogor. Mereka rencananya akan dilepas oleh Presiden Joko Widodo pada pukul 14:30 WIB.