kumparan
3 Desember 2019 12:22

SEA Games 2019: Siman Sudartawa Targetkan Emas dan Pertajam Rekor

I Gede Siman Sudartawa rebut emas
I Gede Siman Sudartawa ketika meraih emas di Asian Games 2018. Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Atlet renang Indonesia, I Gede Siman Sudartawa, punya ambisi tinggi di SEA Games 2019. Ia menargetkan bisa menyumbangkan medali emas dan mempertajam rekor yang ia miliki di multiajang se-Asia Tenggara ini.
ADVERTISEMENT
Pada SEA Games edisi 2017 silam di Kuala Lumpur, Malaysia, Siman berhasil membukukan waktu 25,20 detik. Raihan tersebut membuatnya meraih medali emas di nomor 50 meter gaya punggung yang sekaligus memecahkan rekor SEA Games.
Siman saat itu mengalahkan rekor sebelumnya yang dicetak perenang asal Singapura, Zheng Wen Quah. Zheng menorehkan itu pada SEA Games 2015 dengan dengan catatan waktu 25,27 detik.
"Ya, saya menargetkan emas sekaligus pertajam rekor SEA Games," kata Siman singkat soal targetnya.
Sudartawa I Gede Siman
Atlet renang Indonesia, I Gede Siman Sudartawa. Foto: Rosa Panggabean/Antara
Meski membawa ambisi besar, Siman mengaku langkahnya akan berat di SEA Games 2019. Munculnya perenang-perenang baru terutama dari Vietnam dan Singapura adalah salah satu penyebabnya.
"Perenang dari Singapura dan Vietnam memang sudah menjadi rival abadi. Soal perenang Filipina, saya belum tahu kekuatannya seperti apa, karena banyak perenang naturalisasi," tutur Siman.
ADVERTISEMENT
Di SEA Games 2019, Siman akan tampil di nomor 50 meter dan 100 meter gaya punggung. Perenang berusia 25 tahun itu juga akan tampil di nomor 4x100 meter Gaya Bebas dan 4x100 meter Estafet. Cabor renang akan berlangsung mulai Rabu (4/12/2019), di Clark Aquatic Center.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan