kumparan
3 Desember 2019 16:00

SEA Games 2019: Wushu Tambah Perolehan Medali Indonesia

Pembukaan SEA Games 2019
Suasana pembukaan SEA Games 2019 di Philippine Arena, Bulacan, Filipina, Sabtu (30/11/2019). Foto: REUTERS/Eloisa Lopez
Perolehan medali kontingen Indonesia bertambah lagi di ajang SEA Games 2019. Setelah tadi pagi menyumbangkan emas, kali ini cabor wushu mempersembahkan medali perak dan perunggu bagi 'Merah Putih'.
ADVERTISEMENT
Berlaga di World Trade Center, Rabu (3/12/2019) siang WIB, wushu sukses menyumbangkan lima medali dari tiga nomor berbeda. Dari nomor sanda 48 kg putri, Rosalina Simanjuntak berhasil menyumbangkan perunggu.
Rosalina meraih perunggu ini bersama dengan atlet asal Laos, Laty Keobounthan. Medali perak di nomor ini sendiri berhasil digamit oleh Nguyen Thi Chinh dari Vietnam, sementara medali emas didapatkan oleh Divine Wally asal Filipina.
Sedangkan di nomor sanda 48 kg putra, Ade Permana meraih medali perak. Di babak final, ia kalah dari Jessie Aligaga asal Filipina dengan total skor 0-2.
Medali perunggu di nomor ini sendiri diraih oleh Vu Minh Duc dari Vietnam dan Aung Myo Tun dari Myanmar. Dua atlet ini tumbang di babak semifinal.
ADVERTISEMENT
Berlanjut ke nomor sanda 52 kg, Laksamana Pandu Pratama juga sukses meraih perak. Sama seperti Ade, Pandu tumbang di babak final oleh atlet asal Filipina, Arnel Roa Mandal, dengan skor 0-2.
Perunggu di nomor ini diraih oleh Khavy Phommakhantong dari Laos dan Dinh Van Huong dari Vietnam. Mereka juga tumbang di babak semifinal sehingga berhak atas perunggu.
Yusuf Widayanto juga meraih perak di nomor sanda 56 kg. Ia kalah dari atlet Filipina, Francisco Solis, di babak final. Sama seperti dua rekan senegaranya di atas, Yusuf juga kalah dengan skor 0-2.
Medali perunggu dari nomor ini sendiri diraih oleh Kelvin Teng Kai Wen dari Malaysia, serta Nghiem Van dari Vietnam.
SEA Games 2019, Cabor wushu
Edgar Xavier Marvelo, Seraf Naro Siregar, dan Harris Horatius meraih emas cabor wushu nomor tarung putra SEA Games 2019. Foto: Aditia Rizki Nugraha/kumparan
Dari nomor sanda 65 kg putra, Abdul Haris Sofyan sukses mempersembahkan perunggu. Ia mendapatkannya bersama Chit Ko Ko asal Myanmar.
ADVERTISEMENT
Emas di nomor ini didapatkan oleh Clemente Tabugara Jr. dari Filipina, sedangkan perak diraih oleh Kittisak Suksanguan dari Thailand.
Berkat torehan lima medali ini, raihan medali Indonesia pun bertambah. Sejauh ini, kontingen Indonesia sukses mengumpulkan 11 emas, 17 perak, dan 15 perunggu di ajang SEA Games 2019.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan