kumparan
search-gray
Bola & Sports4 November 2019 10:48

Vinales Persembahkan Kemenangan di GP Malaysia untuk Afridza Munandar

Konten Redaksi kumparan
Vinales Persembahkan Kemenangan di GP Malaysia untuk Afridza Munandar (1064307)
Afridza Munandar, pebalap Indonesia yang meninggal di Sirkuit Sepang. Foto: MotoGP
Maverick Vinales sadar ada kisah pilu yang mewarnai kemenangannya di MotoGP Malaysia, Minggu (3/11/2019). Sehari sebelum ia membalap di Sirkuit Sepang, Afridza Munandar meninggal di tempat yang sama.
ADVERTISEMENT
Vinales tampil ciamik sejak awal balapan. Start dari baris terdepan, rider Monster Energy Yamaha tersebut tak tergoyahkan selama 20 putaran dan akhirnya menutup balapan dengan raihan podium pertama.
Ini menjadi kemenangan kedua buat Vinales di musim 2019 setelah GP Belanda. Semakin terasa spesial karena ini merupakan kemenangan pertama Yamaha di GP Malaysia setelah terakhir kali terjadi pada 2010 silam.
Dalam euforia keberhasilan memutus rapor buruk Yamaha di Sepang dan meraih kemenangan, Vinales menyelipkan belasungkawa atas kematian Afridza Munandar.
"Ini adalah balapan yang luar biasa, saya punya kesempatan yang bagus sejak putaran awal dan saya terus mencoba mempertahankan momentum itu hingga akhirnya bisa meraih hasil menyenangkan ini," kata Vinales sebagaimana dikutip situs resmi MotoGP.
ADVERTISEMENT
"Saya ingin mempersembahkan balapan ini untuk pebalap yang baru saja meninggal (Afridza Munandar). Dia adalah salah satu pebalap favorit saya di Idemitsu Talent Asia Cup. Saya turut berduka untuk seluruh keluarganya," tuturnya menambahkan.
Vinales Persembahkan Kemenangan di GP Malaysia untuk Afridza Munandar (1064308)
Afridza Munandar. Foto: Facebook/@Balads Afridza Syach Munandar
Afridza (20 tahun) meninggal dunia pada Sabtu (2/11) setelah mengalami kecelakaan di kejuaraan balap motor Asia Talent Cup 2019.
Ia mengalami crash pada tikungan ke-10 ketika tengah melahap putaran pertama. Kecelakaan tersebut juga turut melibatkan pebalap Jepang, Shinji Ogo.
Afridza sempat diterbangkan dengan helikopter ke rumah sakit di Kuala Lumpur. Akan tetapi, nyawanya tetap tidak tertolong. Pemuda kelahiran Tasikmalaya, Jawa Barat, itu meninggal dunia di Kuala Lumpur.
Vinales Persembahkan Kemenangan di GP Malaysia untuk Afridza Munandar (1064309)
Maverick Vinales memeluk anggota tim usai memenangi race GP Belanda 2019 di Sirkuit Assen. Foto: Dok. Yamaha MotoGP
Minggu (3/11), Kepolisian Malaysia mengeluarkan hasil autopsinya. Dalam keterangan resmi yang dirilis KBRI Malaysia, Afridza Munandar meninggal karena cedera kepala.
ADVERTISEMENT
Selain Vinales, Marc Marquez yang meraih podium kedua di GP Malaysia pun menyampaikan belasungkawa atas kejadian tragis yang menimpa Afridza Munandar.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white