kumparan
16 Jun 2017 18:36 WIB

12 Bahasa Asing yang Paling Banyak Digunakan di Seluruh Dunia

Bahasa Inggris menjadi bahasa asing paling populer (Foto: Instagram/@jun.050)
Pernahkah kamu berpikir ada berapa bahasa yang eksis di dunia ini? Berdasarkan data dari lembaga riset bahasa Ethnologue, ada 7.909 bahasa yang digunakan di seluruh dunia. Masing-masing bahasa digunakan oleh setiap orang di setiap negara yang berbeda-beda. Bahasa tersebut juga termasuk bahasa suku atau bahasa daerah.
ADVERTISEMENT
Di antara ribuan bahasa tersebut, bahasa Inggris masih merajai bahasa asing yang paling populer dan juga yang paling banyak dipelajari oleh semua orang di dunia. Berdasarkan data yang diperoleh dari World Atlas, sebanyak 1,5 miliar orang di seluruh dunia berbicara bahasa Inggris. Dan, seiring berjalannya waktu, bahasa telah berkembang dari berbagai elemen linguistik.
Bahasa apa saja yang paling banyak digunakan di seluruh dunia? Berikut daftarnya:
1. Inggris
Loading Instagram...
Siapa yang tak mempelajari bahasa asing yang satu ini? Nampaknya semua orang di dunia mempelajari bahasa internasional ini. Amerika, Inggris, India, Australia, Kanada, Filipina dan Nigeria adalah negara yang menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-sehari.
2. Mandarin
Loading Instagram...
Mandarin menempati posisi kedua sebagai bahasa yang paling populer di dunia. Sebanyak 1,1 miliar orang di dunia mampu berbicara bahasa Mandarin. Bahasa Mandarin juga banyak digunakan di Taiwan, Singapura dan Malaysia, Hong Kong, bahkan hingga Indonesia.
ADVERTISEMENT
3. Hindi
Loading Instagram...
Selanjutnya ada ditempati oleh bahasa Hindi. Sebanyak 650 juta orang di dunia bisa berbicara bahasa Hindi. Bahasa yang dominan di India ini juga menjadi bahasa yang paling sering digunakan di Nepal, Amerika, Afrika Selatan, Yaman dan Mauritius.
4. Spanyol
Loading Instagram...
Negara yang terkenal dengan sebutan negara matador ini ternyata memiliki bahasa yang populer di dunia. Sebanyak 420 juta orang di dunia menyukai dan bisa berbicara Spanyol. Bahasa Spanyol adalah bahasa resmi di Spanyol yang juga digunakan di negara Amerika Latin seperti Argentina, El Salvador, Chile, Meksiko, Guatemala, dan Kosta Rika.
5. Prancis
Loading Instagram...
Bahasa Prancis yang terdengar romantis telah diucapkan oleh 370 juta orang di seluruh dunia. Tak hanya menjadi bahasa resmi di negara Prancis saja, namun bahasa ini juga kerap diucapkan di Belgia, Luksemburg, Swiss, Kanada, Pantai Gading, Mali, dan Haiti.
ADVERTISEMENT
6. Arab
Loading Instagram...
Bahasa Arab mungkin menjadi salah satu bahasa yang paling populer di dunia. Secara global, sebanyak 300 juta orang di dunia berbicara bahasa Arab. Bahasa ini juga dilafalkan di beberapa negara Timur Tengah dan beberapa negara Asia seperti UAE, Iraq, Saudi Arabia, Yemen, Sudan, Qatar, Afghanistan, Iran dan Indonesia.
7. Rusia
Loading Instagram...
Mungkin kamu mengira jika alfabet Russia sangatlah rumit. Namun ternyata sebanyak 235 juta orang di dunia berbicara bahasa Russia. Bahasa resmi negara Rusia ini juga diucapkana di Ukraina, Latvia, Armenia, Kazakhstan, Uzbekistan dan Lithuania serta negara-negara yang dulunya berada di Uni Soviet.
8. Portugis
Loading Instagram...
Posisi selanjutnya ada bahasa Portugis yang meraih sebanyak 235 juta orang di dunia yang mampu berbicara bahasa yang dulunya menjadi bahasa romawi. Bahasa Portugis merupakan bahasa resmi di Portugal, Angola, Brasil, Tanjung Verde, Timor Leste, Mozambik, dan Guinea-Bissau.
ADVERTISEMENT
9. Bengali
Loading Instagram...
Bengali menjadi bahasa yang juga banyak diucapkan di negara India. Sebanyak 233 juta orang di dunia mengucapkan bahasa ini. Bahasa Bengali menjadi bahasa resmi di negara Bangladesh, Sierra Leone dan dilafalkan oleh para imigran di Inggirs, Amerika dan Timur Tengah.
10. Jerman
Loading Instagram...
Salah satu bahasa paling populer di dunia ini telah dilafalkan oleh 185 juta orang di dunia. Bahasa Jerman yang menjadi bahasa resmi negara beribukota Berlin ini juga menjadi bahasa resmi di Austria, Belgia, Swiss, Luksemburg dan Liechtenstein.
11. Jepang
Loading Instagram...
Banyak yang beranggapan jika bahasa Jepang akan menjadi bahasa Internasional selanjutnya. Saat ini sebanyak 128 juta orang di dunia mampu berbicara bahasa Jepang. Dan sering diuapkan oleh para imigran di Korea, Taiwan, China, Filipina dan Brazil.
ADVERTISEMENT
12. Korea
Loading Instagram...
Bahasa asing populer yang menduduki posisi terakhir adalah bahasa Korea. Sebanyak 78 juta orang di dunia mampu melafalkan bahasa yang memiliki struktur bahasa yang cukup sulit. Bahasa Korea diucapkan baik di negara Korea Utara dan Korea Selatan, juga di China, Jepang dan imigran di Amerika dan Rusia.
Dari semua bahasa yang paling sering digunakan ini, mana yang kamu kuasai?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan