4 Cara Bijak Memanfaatkan Uang Bonus Akhir Tahun

29 November 2018 17:20
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Lakukan perencanaan keuangan (Foto: Unsplash)
zoom-in-whitePerbesar
Lakukan perencanaan keuangan (Foto: Unsplash)
ADVERTISEMENT
Siapa yang tidak senang mendapat bonus akhir tahun? Dengan uang tersebut, Anda bisa melakukan banyak hal yang selama ini tertunda karena keterbatasan finansial.
ADVERTISEMENT
Maka tidak heran jika setelah mendapatkan bonus, Anda akan berencana untuk membeli barang-barang yang sudah diinginkan sejak lama, berlibur ke destinasi impian, memanjakan diri, hingga membahagiakan keluarga dan orang terkasih.
Namun jika Anda baru merintis karier, menghabiskan uang bonus akhir tahun dengan cuma-cuma sepertinya kurang menguntungkan.
Ada baiknya jika Anda mulai memikirkan financial security seperti dana darurat dan melunasi tagihan serta berinvestasi. Mungkin dampaknya tidak akan langsung terlihat, tetapi Anda akan merasakannya nanti di masa yang akan datang.
Agar Anda bisa lebih bijak dalam menghabiskan uang bonus akhir tahun, Chief Investment dari Ellevest, Sylvia Kwan, berbagi tentang empat cara yang dapat dilakukan agar uang bonus Anda tidak terbuang sia-sia seperti yang dilansir dari Girlboss. Apa saja?
ADVERTISEMENT
1. Melunasi Tagihan
Melunasi tagihan. (Foto: Unsplash)
zoom-in-whitePerbesar
Melunasi tagihan. (Foto: Unsplash)
Saat mendapatkan bonus akhir tahun yang pertama kali harus Anda ingat adalah membayar tagihan. Jangan sampai Anda terlena menikmati bonus dan melupakan tanggung jawab membayar tagihan.
Prioritaskan uang Anda pada hutang yang jumlahnya lebih besar. Jumlahkan semua tagihan yang harus Anda bayarkan, pisahkan uangnya, kemudian langsung lunasi tagihan Anda.
Jika tidak bisa langsung melunasi, paling tidak bayarlah dua kali lipat dari tagihan normalnya. Cara ini akan meringankan beban Anda di bulan-bulan berikutnya.
2. Sisihkan Uang untuk Emergency
Kamu bisa menabung. (Foto: Thinkstock)
zoom-in-whitePerbesar
Kamu bisa menabung. (Foto: Thinkstock)
Anda tentu sudah tahu jika hidup itu penuh dengan kejutan. Mungkin hari ini Anda bisa bersenang-senang, tetapi besok Anda tertimpa musibah atau mengalami kesulitan lainnya yang bisa menguras keuangan.
Untuk berjaga-jaga, ada baiknya jika Anda memiliki uang darurat atau emergency money. Jika setiap bulan Anda hanya bisa menyisihkan sedikit uang untuk emergency, usahakan ketika menerima bonus akhir tahun Anda menyisihkan uang dalam jumlah yang cukup banyak untuk dana emergency.
ADVERTISEMENT
3. Gunakan untuk Investasi
Gunakan bonus akhir tahun untuk investasi. (Foto: Unsplash)
zoom-in-whitePerbesar
Gunakan bonus akhir tahun untuk investasi. (Foto: Unsplash)
Jika uang tagihan dan dana darurat sudah aman, kini saatnya bagi Anda untuk memikirkan masa depan.
Di usia produktif, Anda sangat disarankan untuk melakukan investasi agar masa depan Anda lebih terjamin. Dengan segala macam perkembangan di dunia finansial, kini Anda bahkan bisa berinvestasi rumah yang biaya cicilannya dapat disesuaikan dengan penghasilan.
Maka gunakan uang bonus akhir tahun Anda untuk berinvestasi demi masa depan yang berkualitas.
4. Komitmen dalam Berinvestasi
com-Menabung (Foto: Thinkstock)
zoom-in-whitePerbesar
com-Menabung (Foto: Thinkstock)
Memaksimalkan keinginan investasi Anda sangat bergantung pada dua hal, yaitu seberapa cepat Anda memulai, dan seberapa sering Anda berkontribusi.
Sylvia Kwan menyarankan agar Anda menjadikan investasi sebagai sebuah kebiasaan. Jangan takut menyebarkan uang jika Anda sudah memutuskan untuk berinvestasi. Kwan mengatakan bahwa menginvestasikan uang Anda di berbagai tempat bisa lebih menghasilkan daripada hanya bertumpu pada satu jenis investasi.
ADVERTISEMENT
Lakukan empat cara di atas agar Anda lebih bijak dalam membelanjakan uang bonus akhir tahun. Selamat mencoba!