kumparan
14 Januari 2019 18:42

5 Prinsip yang Perlu Anda Pahami Agar Keuangan Terjaga dengan Baik

Tips Keuangan
Ilustrasi Prinsip Keuangan. (Foto: Shutterstock)
Uang memiliki peran penting dalam kehidupan. Oleh karena itu kita harus memperhatikannya dengan baik.
ADVERTISEMENT
Ada banyak cara yang bisa dilakukan, beberapa diantaranya adalah membuat perencanaan keuangan dan memahami prinsip keuangan pribadi. Seperti dilansir dari situs Girlboss, berikut kumparanSTYLE telah merangkum lima prinsip yang perlu Anda pahami agar finansial Anda tetap terjaga dengan baik.
1. Terapkan Mindset yang Tepat
TIPS KEUANGAN
Melunasi tagihan. (Foto: Unsplash)
Sebagian orang beranggapan bahwa utang adalah hal yang biasa saja. Padahal utang menjadi musuh utama bagi kehidupan finansial kita.
Utang berbeda dengan uang yang jika dikumpulkan bisa membuat kita kaya. Tetapi menumpuk utang hanya akan menambah bencana bagi kehidupan finansial Anda.
Maka dari itu, Anda harus menciptakan mindset bahwa Anda dan keluarga harus segera menyelesaikan utang atau bahkan jangan terlibat dengan urusan utang sekalipun.
2. Memahami Keadaan Finansial Pribadi
Tips kelola keuangan
Tips kelola keuangan. (Foto: Thinkstock)
Untuk bisa melakukan perencanaan keuangan, sangat penting bagi Anda untuk tahu keadaan finansial pribadi secara menyeluruh.
ADVERTISEMENT
Berapa banyak yang uang masuk, berapa pengeluaran perbulan, berapa uang yang harus ditabung, dan berapa yang harus digunakan untuk keperluan melunasi utang. Jika sudah paham dengan ritme keuangan sendiri setiap bulannya, Anda bisa dengan mudah memulai perencanaan keuangan untuk masa depan yang lebih berkualitas.
3. Mencari Bantuan
Ilustrasi Akuntan
Ilustrasi Akuntan. (Foto: Shutterstock)
Nyatanya tidak hanya kesehatan tubuh saja yang perlu diperhatikan, tetapi kesehatan keuangan juga perlu dipastikan. Terutama jika Anda terlibat dalam utang yang cukup serius.
Jika Anda memiliki utang kartu kredit yang harus dibayar dengan jumlah ratusan ribu perbulan, mungkin Anda hanya butuh teman untuk mengingatkan agar lebih hemat.
Namun jika utang Anda sudah berkisar hingga ratusan juta, sebaiknya Anda menyewa jasa akuntan atau penasehat keuangan untuk membantu mengatur finansial. Karena meminta bantuan kepada para ahli justru akan membuat Anda lebih mudah mengatasi permasalahan keuangan.
ADVERTISEMENT
4. Mengontrol Diri
com-Belanja Online
com-Belanja Online (Foto: Thinkstock)
Memiliki keinginan untuk membeli sesuatu yang sangat diimpikan memang sangat sulit dihindari. Tapi ada baiknya sebelum membeli Anda melihat dulu kemampuan finansial Anda saat itu.
Jika uangnya tidak ada, maka tidak perlu dipaksakan. Jika memaksa, Anda bisa kesulitan mengatur keuangan karena barang tersebut tidak masuk dalam perencanaan keuangan Anda. Oleh karena itu, dibutuhkan kemampuan mengontrol diri yang luar biasa agar Anda tidak terjerat utang atau gagal dalam segi finansial.
5. Lakukan Perencanaan
Ilustrasi Akuntan.
Ilustrasi akuntan (Foto: Shutterstock)
Untuk bisa keluar dari jerat utang, dibutuhkan perencanaan finansial yang matang. Semua harus dibuat sederhana, efektif, mudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Yang terpenting adalah Anda memiliki perencanaan keuangan yang tepat dan berkomitmen dalam menjalaninya. Rencana tersebut harus melibatkan jumlah pemasukan, pengeluaran, tabungan, investasi, hingga dana darurat.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan