Woman
·
1 April 2017 10:42

8 Olahan Favorit Jengkol, dari Rendang hingga Tumis Saus Tiram

Konten ini diproduksi oleh kumparan
8 Olahan Favorit Jengkol, dari Rendang hingga Tumis Saus Tiram (175095)
Jengkol, dibenci karena aroma (Foto: Resnu Dwi Andika/kumparan)
Banyak yang tidak menyukai bau dari makanan yang satu ini, padahal jika diolah dengan tepat jengkol akan menghasilkan rasa yang enak. Tidak hanya rasa yang lezat, jika dimasak dengan suhu yang pas juga akan menghasilkan jengkol dengan tekstur yang lembut.
ADVERTISEMENT
Jengkol bisa diolah menjadi berbagai macam aneka hidangan seperti rendang jengkol, jengkol balado, atau semur jengkol yang biasa disantap dengan nasi uduk. Selain tiga olahan ini, ada juga olahan jengkol lainnya yang menjadi santapan favorit kebanyakan orang.
Berikut 8 olahan jengkol yang bisa menjadi inpspirasi kamu:
1. Rendang Jengkol
Tak perlu susah-susah mencari resep rendang jengkol karena bumbu yang digunakan sapa seperti ketika kamu memasak rendang daging. Haluskan cabai merah, bawang putih, bawang merah, dan jahe, kemudian rendam jengkol ke dalam bumbu yang telah dihaluskan. Selanjutnya, siram dengan santan dan masak hingga jengkol empuk.
2. Jengkol Balado
Makanan apapun yang diolah dengan cara balado akan terasa lebih nikmat. Termasuk jengkol, jika diolah dengan cara balado akan menghasilkan rasa pedas gurih yang lezat.
ADVERTISEMENT
Cara mengolahnya cukup mudah, kamu hanya perlu menghaluskan bumbu seperti cabai merah, bawang putih, bawang merah, dan tomat lalu tumis sampai bumbu matang dan masukkan jengkol. Bumbui dengan garam dan gula untuk mendapatkan rasa gurih. Masak sampai jengkol matang.
3. Semur Jengkol
Olahan ini adalah olahan jengkol yang paling terkenal. Menjadi teman santapan nasi uduk, semur jengkol banyak digemari oleh kebanyakan orang. Tidak perlu membeli, kamu pun bisa membuatnya di rumah.
Masak jengkol yang sudah direbus dengan bumbu halus yang terbuat dari bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai merah, lada, dan ketumbar. Tuangkan kecap manis secukupnya dan tambahkan daun salam serta lengkuas untuk menambah aroma serta cita rasa dari semur jengkol.
ADVERTISEMENT
4. Keripik Jengkol
Tidak hanya kentang dan singkong yang bisa dijadikan olahan keripik, ternyata jengkol juga bisa dilolah menjadi keripik. Caranya mudah, kamu bisa menggunakan jengkol tua yang dipipihkan, lalu rendam jengkol dan bumbui dengan garam, lada, serta bumbu lainnya. Kemudian goreng jengkol di minyak panas sampai warna jengkol kecoklatan. Suhu api sangat menentukan tekstur renyah jengkol.
5. Tumis Jengkol Saus Tiram
Jika kamu bosan dengan olahan jengkol yang itu-itu saja, kamu bisa mengolahnya menjadi tumisan yang lezat. Kuncinya adalah saus tiram yang bisa membuat rasa dan aroma jengkol menjadi terasa berbeda. Untuk mengolahnya, kamu hanya perlu menumis jengkol yang sudah direndam dengan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah. Tuangkan kecap ikan dan saus tiram untuk memperkaya rasa dan aroma.
ADVERTISEMENT
6. Jengkol Penyet
Selain ayam dan bebek, jengkol juga bisa diolah menjadi penyetan. Cukup goreng jengkol yang sudah direndam selama semalaman penuh sampai jengkol merekah. Kemudian haluskan bumbu seperti bawang putih, bawang merah, terasi, cabai rawit, garam, gula, dan gula. Masukkan jengkol goreng dan campur dengan bumbu sambal sambil diulek di atas cobek.
7. Gulai Jengkol
Bosan dengan gulai ayam? Coba kreasi masakan baru dengan mengolah jengkol menjadi gulai.
Kamu cukup menyiapkan bahan-bahan yang biasa dipakai untuk membuat gulai, bedanya kini bahan utamanya diganti dengan jengkol. Untuk menambah aroma gulai jengkol, jangan lupa tambahkan satu keping asam kandis. Kamu juga bisa menambahkan bahan lainnya seperti kerang atau telur.
ADVERTISEMENT
8. Jengkol Teriyaki
Jika kalian belum pernah mencoba jengkol teriyaki, kamu bisa mencobanya di rumah. Jengkol dimasak dengan bumbu teriyaki yang beraroma sedap. Tambahkan minyak wijen dan saus tiram untuk memperkuat rasa dan aroma masakan.
Untuk membuat hidangan ini lebih menarik, kamu bisa menambahkan potongan ayam dan irisan cabai merah. Tips agar tekstur jengkol bisa selembut daging, kamu perlu merendam jengkol selama semalam penuh dan masak jengkol sampai benar-benar empuk.