kumparan
12 Juni 2017 14:16

Banyak Jalan Menuju Roma, Jangan Galau Jika Tak Lolos SBMPTN 2017

Jangan sedih terlalu lama jika gagal SBMPTN. (Foto: Thinkstock)
Saat ini bisa dipastikan, puluhan ribu siswa peserta SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 sedang merasa deg-degan menunggu hasil tes yang akan diumumkan pada Selasa (13/6) besok. Harapan tinggi untuk bisa diterima di PTN impian pasti telah membuncah dalam dada. Kamu salah satunya?
ADVERTISEMENT
Segudang persiapan dan usaha mungkin sudah kamu lakukan. Mulai dari berusaha keras dengan mengikuti bimbingan belajar, hingga begadang semalaman untuk belajar mati-matian mempersiapkan diri. Semua tentunya merupakan proses panjang yang tak mudah.
Ilustrasi ujian masuk PTN (Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Besok hasilnya diumumkan, tentu kamu hanya dihadapkan pada dua jawaban: lulus dan tidak lulus.
Jika lulus dan diterima di PTN impian kamu, rasa bahagia yang tak terkira pasti akan memenuhi rongga dada kamu. Bagaimana tidak? Segala usaha dan jerih payah selama ini terbayar sudah dengan diterimanya kamu di kampus pilihan.
Namun bagaimana jika gagal dan tak diterima untuk bergabung di kampus impian kamu?
Rasa kecewa yang tajam pasti langsung menghajar perasaan kamu. Gagal menembus ujian saringan masuk PTN yang jadi impian semua siswa SMA tentunya bisa membuat kamu jadi putus asa, kecewa, dan kehilangan semangat. Tak sedikit siswa yang langsung drop dan menangis tersedu-sedu menahan pahitnya kegagalan.
ADVERTISEMENT
Merasa sedih? Itu wajar.
Namun yang harus kamu sadari bahwa kegagalan bukanlah akhir dari segalanya. Justru ini merupakan awal dari sesuatu yang baru. Mungkin kamu sudah bosan dan jemu mendengar dua kalimat di atas. Tapi coba diam sejenak dan resapi dalam-dalam maknanya.
Bersedih sah-sah saja, kok. Asal kamu tak membiarkan diri terpuruk terlalu lama. Menangis selama berjam-jam sama sekali bukan masalah.
Yang penting, setelah puas melampiaskan kesedihan, kamu harus kembali bangkit untuk menemukan jalan lain untuk menggapai cita-cita yang kamu inginkan. Mengapa? Karena ada banyak jalan menuju Roma!
Coba kesampingkan dulu rasa sedih dan putus asa yang kamu alami dan mulai berpikir jernih.
ADVERTISEMENT
Gagal di PTN (Perguruan Tinggi Negeri), kamu bisa coba mendaftarkan diri di PTS (Perguruan Tinggi Swasta). Kamu harus sadar bahwa di Tanah Air tercinta ini, ada sangat banyak universitas swasta yang tak kalah kualitasnya.
Kamu hanya perlu pintar-pintar memilah universitas swasta sesuai dengan lokasi dan fakultas unggulannya. Ini bisa jadi pilihan tepat yang patut kamu coba jika tak ingin buang-buang waktu untuk mengulangi tes SBMPTN tahun depan.
Atau jika kamu masih ngotot dan punya semangat untuk kembali mencoba tahun SBMPTN tahun depan, kamu bisa belajar dari kegagalan yang baru saja kamu alami. Dibanding terus menangis menyesali diri, lebih baik kamu mempersiapkan diri dengan matang. Pelajari kembali tipe dan jenis soal yang dikeluarkan saat ujian.
ADVERTISEMENT
Jika gagal di SBMPTN 2017, kamu juga bisa mengikuti Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) 2017 alias Jalur Mandiri yang akan digelar pada 8 Juli 2017 mendatang, lho!
Uji keterampilan segera dilangsungkan pada 9 Juli dan 10 Juli. Hasil ujian keterampilan akan diumumkan pada pada 18 Juli 2017.
Jika gagal, tak ada alasan bagi kamu untuk merasa galau, sedih, dan terpuruk terlalu lama. Segera move on dan cari alternatif lainnya untuk bisa menggapai mimpi di kampus impian. Semangat!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan