kumparan
9 Mei 2018 16:26

Bebas Alkohol & Tak Sumbat Pori-Pori, Ciri Kosmetik Aman untuk Kulit

Kosmetik 4
Pertimbangkan Keharuman Kosmetik (Foto: Thinkstock)
Perempuan dan kosmetik memang tak bisa terpisahkan. Bahkan bisa dikatakan, perempuan tak bisa hidup tanpa produk kecantikan.
ADVERTISEMENT
Guna mempercantik tampilan wajah, beragam upaya pun rela ditempuh. Mulai dari rajin merawat kulit menggunakan skincare, hingga merias wajah dengan makeup.
Namun, Anda perlu berharti-hati dalam memilih kosmetik yang aman untuk kulit. Teliti membaca kandungan dan mencari informasi sebelum membeli produk merupakan hal yang penting untuk dilakukan.
Adi Adrian Makeup Agnezmo
Adi Adrian Makeup Agnezmo (Foto: Instagram/@adiadrianbeauty)
"Terlebih kulit sensitif, ini perlu ekstra perhatian, khususnya terhadap kosmetik yang mengandung bahan seperti alkohol, bahan pengawet, pewangi. Ini sering jadi masalah," ujar dr Lili Legiawati, SpKK (K), saat dijumpai kumparanSTYLE (kumparan.com) di JakartaxBeauty, Senayan City, Jumat (27/4).
Alkohol jadi bahan yang harus dihindari untuk Anda yang berkulit kering. Kandungan ini hanya akan mengiritasi dan membuat kulit terasa kering.
Ditutur dr. Lili, Anda harus sadar bahwa kulit merupakan benda hidup dan bisa bernafas. Jadi, pori-pori kulit harus bebas dari sumbatan makeup atau kotoran.
ADVERTISEMENT
"Produk kosmetik yang baik bisa menjamin bahwa muara keluar kelenjar keringat dan pori-pori kita tidak tertutup oleh sisa-sisa kosmetik atau bahan yang terkandung dalam kosmetik tersebut," papar Lili.
Selain meneliti kandungannya, penting juga untuk memperhatikan tekstur kosmetik yang Anda gunakan. Semua harus disesuaikan dengan jenis dan kondisi kulit.
"Kosmetik yang dasarnya minyak sering jadi masalah bagi orang yang berjerawat. Karena akan menyebabkan pembentukan komedo atau jerawat, jadi harus selektif untuk memilih kosmetik yang cocok untuk kita. Dan kulit setiap orang berbeda, tidak sama dengan yang lain," tutupnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan