kumparan
22 Januari 2019 12:13

Kapan Waktu Terbaik untuk Menimbang Berat Badan?

Menimbang Berat Badan
Waktu yang Tepat Menimbang Berat Badan. (Foto: Shutterstock)
Beberapa orang menganggap timbangan berat badan adalah musuh terbesar mereka. Menimbang berat badan, memang sering kali menjadi momok bagi sebagian orang.
ADVERTISEMENT
Terkadang angka yang ditunjukkan jarum timbangan tidak sesuai ekspektasi. Alhasil ada saja sebagian orang yang berkali-kali naik turun timbangan dan berharap ada kesalahan yang dilakukan timbangan pengukur berat badan. Bahkan, jika jarum timbangan tidak berubah, timbangan pun kerap dianggap rusak. Apakah Anda salah satunya?
Tak jarang banyak orang berputus asa menurunkan berat badannya karena merasa tidak ada perubahan ketika mengecek berat tubuh dengan timbangan.
Namun tahukah Anda, untuk mendapatkan hasil yang akurat, ada waktu ideal tertentu yang disarankan untuk menimbang berat badan. Mengingat ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi pergerakan jarum timbangan.
Berat tubuh manusia sendiri terdiri dari lemak, tulang, otot, dan air. Timbangan pun mengukur semua komponen dan memberi Anda sejumlah angka tertentu. Angka tersebut dapat berfluktuasi dalam satu hari bahkan hingga satu atau dua kilogram.
Tips Atasi Bibir Kering
Minum air putih yang banyak ketika berpuasa (Foto: Thinkstock)
Salah satu faktor yang menyebabkan fluktuasi ini adalah asupan makanan dan minuman. Bahkan segelas air saja bisa menambah berat pada badan kita. Oleh karena itu, sebelum menimbang berat badan baiknya Anda buang air kecil terlebih dahulu. Sebab, penimbangan berat badan dalam kondisi sebelum buang air kecil bisa menambah bobot badan.
ADVERTISEMENT
"Menimbang berat badan paling bagus dilakukan saat bangun tidur di pagi hari. Sebelum menimbang berat badan, sebaiknya buang air kecil dulu, karena kandung kemih yang terisi penuh dapat menambah bobot badan bahkan hingga 1,5 kg. Dan jangan lupa saat menimbang gunakan baju seminimal mungkin," jelas dr. Raissa E. Djuanda M. Gizi, Sp.GK ketika menghadiri peluncuran AIA Healthy Living Index 2018 di Elite Club, Epicentrum, Jakarta Selatan, Kamis (12/06/2018) lalu.
Selain itu, dr. Raissa juga menyarankan untuk melakukan penimbangan setiap satu minggu sekali dan dilakukan pada waktu yang sama yakni pagi hari. Menurutnya hal ini dikarenakan penimbangan berat badan bisa saja berbeda ketika dilakukan pada siang atau malam hari. Selain itu, hindari menimbang berat badan terlalu sering karena perubahan angka timbangan mungkin belum menunjukkan angka yang signifikan.
ADVERTISEMENT
"Menimbang berat badan sebaiknya seminggu sekali. Yang penting jangan setiap hari karena hanya akan bikin stres saja," tutup dr. Raissa.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan