Woman
·
21 Juni 2018 11:29

Mengenal Royal Ascot, Balap Kuda yang Jadi Tradisi Kerajaan Inggris

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Mengenal Royal Ascot, Balap Kuda yang Jadi Tradisi Kerajaan Inggris (280287)
searchPerbesar
Royal Ascot (Foto: REUTERS/Paul Childs)
Pada Selasa (19/6) lalu, beberapa keluarga Kerajaan Inggris mendatangi kota kecil Ascot untuk menghadiri acara tahunan bernama The Royal Ascot yang berlangsung selama lima hari.
ADVERTISEMENT
Royal Ascot adalah acara balap kuda eksklusif yang hanya dihadiri oleh kalangan elit Inggris. Acara ini sudah menjadi tradisi yang hadir sejak 1711.
Tak hanya memperlihatkan balap kuda terbaik dan menyuguhkan makanan mewah, di Royal Ascot, para tamu undangan hadir mengenakan busana terbaiknya. Pakaian serta aksesoris lansiran rumah mode ternama bertebaran di mana-mana.
Dilansir Harper’s Bazaar, berikut hal yang perlu diketahui tentang tradisi yang sudah mengakar dari tahun ke tahun.
Mengenal Royal Ascot, Balap Kuda yang Jadi Tradisi Kerajaan Inggris (280288)
searchPerbesar
Royal Ascot (Foto: REUTERS/Andrew Boyers)
Royal Ascot merupakan tradisi pacu kuda yang dimulai oleh Kerajaan Inggris.
Sesuai dengan namanya yang menyandang kata ‘Royal’, acara ini pertama kali diadakan oleh Ratu Anne pada 1711, saat ia menunggangi kuda dari Windsor Castle menuju lapangan besar di Ascot.
ADVERTISEMENT
Saat ia melihat lapangan luas tersebut, ia bergumam: “Ini akan menjadi tempat yang baik untuk sebuah pacuan kuda.”
Setahun setelahnya, acara pertama Royal Ascot dilaksanakan, dan menjadi tradisi wajib setiap tahunnya.
Anggota Kerajaan Inggris datang mengendarai kereta kuda
Menurut CNBC, anggota Kerajaan Inggris, khususnya Ratu Elizabeth II selalu mendatangi Royal Ascot setiap tahunnya.
Pada pukul 2 siang, Ratu dan anggota keluarga lainnya akan memasuki area Royal Ascot dengan menunggangi kereta kuda, menyusuri lapangan pacuan kuda, hingga ke area parade.
Setelahnya, para anggota Kerajaan Inggris akan memasuki Royal Enclosure, sebuah area paling eksklusif pada venue tersebut.
Pada Royal Ascot, juga menjadi penampilan perdana Meghan Markle di acara mewah balap kuda ini. Ia terlihat mengenakan shirt dress berbahan satin dari Givenchy.
ADVERTISEMENT
Tahun ini, Royal Ascot dihadiri oleh Ratu Elizabeth II, Pangeran Charles, Camilla, Pangeran Harry, Meghan Markle, Sophie Countess of Wessex, Edward, Earl of Wessex, Putri Anne Princess Royal, Putri Beatrice, dan Putri Eugenie.
Mengenal Royal Ascot, Balap Kuda yang Jadi Tradisi Kerajaan Inggris (280289)
searchPerbesar
Royal Ascot (Foto: Reuters/Paul Childs)
Royal Enclosure merupakan area yang sangat mewah
Hanya tamu dengan undangan saja yang boleh memasuki The Royal Enclosure. Hal ini bermula pada 1807, yang awalnya diperuntukkan khusus bagi tamu undangan dan teman-teman dari King George III.
Menurut Town & Country, area ini memiliki dress code atau aturan yang sangat ketat. Para perempuan diharuskan mengenakan pakaian sopan dan menggunakan topi atau headpieces dengan dasar yang lebar.
Para lelaki wajib menggunakan traditional morning dress, lengkap dengan topi. Tak masalah seberapa panas area tersebut, ini merupkan panduan busana yang wajib dilakukan.
ADVERTISEMENT
Kemudian, semua yang datang harus menggunakan name tag, termasuk anggota Kerajaan Inggris. Bukan hanya itu, area parkir di Royal Enclosure pun tak kalah mewah, dengan waiting list mencapai 100 tahun.
Merupakan acara besar untuk para tamu
Sekitar 300 ribu orang mendatangi Royal Ascot setiap tahunnya. Olahraga balap kuda, atau pacuan kuda, memang dikenal sebagai event mewah di beberapa penjuru negeri.
Di Royal Ascot sendiri, terdapat area dengan nama Village Enclosure, dengan tampilan dan sajian yang lebih kasual, seperti booth makanan, bar, panggung hiburan, sampai konser untuk malam harinya.
Kemudian terdapat Queen Anne Enclosure, area yang lebih mewah dari Village Enclosure, namun menggunakan dress code yang sangat ketat.
Mengenal Royal Ascot, Balap Kuda yang Jadi Tradisi Kerajaan Inggris (280290)
searchPerbesar
Royal Ascot (Foto: REUTERS/Peter Nicholls)
Merupakan acara yang ‘mahal’
ADVERTISEMENT
Acara balap ini berlangsung selama lima hari, dengan hadiah untuk pemenang yang sangat mewah.
Menurut situs resmi The Royal Ascot, para pembalap bersaing untuk bisa mendapatkan hadiah sebesar GBP 7,3 juta atau yang setara dengan Rp 135 miliar.
Ini menjadikan balap kuda Royal Ascot menjadi perlombaan paling bergengsi di Inggris.
Meski eksklusif, masih terdapat kegaduhan
Dilansir CNN, para sekuriti merasakan kesulitan mengamankan acara Royal Ascot tahun ini. Alasannya, terdapat banyak orang mabuk di area Goodwood dan Ascot. Sehingga tahun ini, penjualan bir di area Ascot pun dibatasi. Tak hanya itu, banyak pula tamu yang bertengkar akibat perbedaan dukungan terhadap pembalap kuda.