kumparan
15 Oktober 2018 17:42

Pilih Mana: Gaun Pengantin Kate, Meghan, atau Putri Eugenie?

Gaun Pernikahan Kate Middleton, Meghan Markle, dan Putri Eugenie (Foto: Getty Images, NEIL HALL/REUTERS, REUTERS/Toby Melville)
Setiap gaun pengantin di pernikahan keluarga Kerajaan Inggris selalu menjadi perbincangan tersendiri. Mulai dari gaun pengantin klasik elegan ala Kate Middleton, gaun minimalis milik Meghan Markle, hingga yang terbaru, gaun pengantin Putri Eugenie.
ADVERTISEMENT
Masing-masing gaun pengantin ini memiliki makna dan cerita tersendiri. Berikut kumparanSTYLE rangkumkan perbandingan gaun pernikahan anggota Kerajaan Inggris mulai dari Kate Middleton, Meghan Markle, hingga Putri Eugenie.
Gaun Pengantin Kate Middleton
Kate Middleton (Foto: Instagram @willkatecambridge)
Catherine, Duchess of Cambridge, atau yang lebih akrab disapa dengan Kate, menikah dengan Pangeran William pada 29 April 2011 lalu di Westminster Abbey, London, Inggris.
Di hari pernikahannya, Kate tampil sempurna dari ujung kepala hingga kaki. Mata dunia pun tertuju pada gaun pengantinnya yang klasik dan mewah. Gaun pengantin spektakuler dengan panjang 2,7 meter ini dirancang oleh Sarah Burton, di bawah naungan label Alexander McQueen. Tak main-main, gaun ini bahkan disebut-sebut sebagai Gaun Pengantin Abad Ini.
Pippa saat mengiringi pernikahan Kate Middleton. (Foto: AFP/Jasper Juinen)
Gaun tersebut sangat kaya akan detail renda dan brokat. Kabarnya, gaun ini dibuat dengan lace-technique dengan nama ‘Carrickmacross’, sebuah teknik yang berasal dari tahun 1800-an.
Kate Middleton (Foto: Instagram @katemiddleton.closet)
Perhatian terhadap detail pada gaun pengantin Kate ini sangat memukau. Mulai dari potongan renda Chantilly pada bagian tangan, pengaplikasian renda pada korset, hingga penggunaan motif mawar, thistles, daffodil, dan shamrock yang dirajut pada bagian tubuh Kate.
ADVERTISEMENT
Saking cantiknya, gaun pengantin Kate meginspirasi banyak orang dan banyak ditiru oleh jutaan pengantin di seluruh dunia. Jika diuangkan, gaun Kate pada upacara pemberkatan di gereja tersebut bernilai lebih dari Rp 5,5 miliar.
Gaun Pengantin Meghan Markle
Royal Wedding. (Foto: AFP/Ben Stansall)
Meski sudah berlalu beberapa bulan, euforia pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle yang berlangsung pada 19 Mei lalu tampaknya masih belum berakhir. Kabar-kabar tentang Duke dan Duchess of Sussex ini masih menjadi topik hangat bagi berbagai media pemberitaan.
Tentu, kita juga tak lupa bagaimana mempesonanya Meghan Markle saat berjalan menuju altar dengan gaun pengantinnya yang berwarna putih.
Royal Wedding Meghan Markle (Foto: Andrew Matthews/REUTERS)
Sang Duchess mengenakan gaun berkerah boatneck rancangan Creative Director Givenchy, Claire Waight Keller. Terbuat dari material sutra cady dengan hasil akhir matte, gaun tersebut memperlihatkan sedikit bahu Meghan dengan cara yang lebih elegan.
ADVERTISEMENT
Potongan gaunnya cenderung lebih simple dan sederhana, namun terlihat mewah. Tak ada bordiran pada gaunnya, kecuali pada veil yang dikenakannya.
Royal Wedding (Foto: Jane Barlow/REUTERS)
Veil dengan panjang 5 meter tersebut terbuat dari silk tulle dan memiliki bordiran bunga-bunga pada bagian pinggirnya. Dikerjakan manual dengan tangan dan bahkan sang pengrajin harus mencuci tangan setiap 30 menit sekali demi menjaga agar veil selalu bersih.
Gaun Pengantin Putri Eugenie
Royal Wedding Pernikahan Putri Eugenie dengan Jack Brooksbank (Foto: REUTERS/Toby Melville)
Pada Jumat, 12 Oktober lalu, Putri Eugenie resmi menikah dengan tunangannya, Jack Brooksbank, di St. George’s Chapel, Windsor Castle, Inggris. Ini merupakan Royal Wedding kedua yang terjadi pada tahun ini setelah pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle.
Untuk acara pemberkatan di chapel, Putri Eugenie memilih gaun dari Peter Pilotto. Brand asal Inggris ini didesain oleh dua desainer Inggris bernama Peter Pilotto dan Christopher De Vos.
Royal Wedding Putri Eugenie dan Jack Brooksbank (Foto: REUTERS/Toby Melville)
Gaun pernikahannya memiliki potongan leher berdada rendah, dengan model backless atau bagian punggung yang terbuka. Keseluruhan gaunnya semakin mempesona dengan 'tail' yang menjuntai panjang ke belakang.
ADVERTISEMENT
Berbeda dari tradisi kerajaan yang mengharuskan pengantin perempuan mengenakan tudung atau veil, Putri Eugenie memilih tidak mengenakan aksesori tersebut, dan justru membiarkan bagian punggungnya terbuka tanpa ditutupi veil.
Luka Skoliosis Putri Eugenie (Foto: REUTERS/Toby Melville)
Ternyata ada alasan spesial mengapa Putri Eugenie memilih gaun dengan model yang terbuka di bagian punggung dan lehernya. Pilihan tersebut adalah untuk memperlihatkan luka bekas operasi skoliosis yang di tubuhnya kepada dunia.
Putri Eugenie memang pernah melakukan sebuah operasi besar pada tulang belakangnya akibat kondisi skoliosis. Operasi ini dilakukan saat Eugenie berusia 12 tahun. Alhasil, berkat operasi tersebut, Eugenie memiliki luka bedah panjang di belakang punggungnya.
Putri Eugenie (Foto: dok.Andrew Matthews/Pool via REUTERS)
Jika dilihat secara seksama, luka operasi Eugenie tampak amat jelas. Luka itu tampak memanjang dari pangkal leher hingga punggung bagian bawahnya, dan memiliki warna yang berbeda dibanding kulit di sekitarnya.
ADVERTISEMENT
Bagaimana menurut pendapat Anda? Dari ketiga gaun milik Kate Middleton, Meghan Markle, dan Putri Eugenie, manakah gaun favorit Anda?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan