kumparan
search-gray
Woman23 Februari 2019 12:15

Sakit Kepala saat Olahraga? Begini Cara Mencegahnya

Konten Redaksi kumparan
Sakit Kepala saat Olahraga? Begini Cara Mencegahnya (1202380)
Ilustrasi sakit kepala saat olahraga. Foto: Shutterstock
Saat Anda melakukan olahraga intens seperti cardio dan HIIT, pernahkah Anda tiba-tiba merasa sakit kepala tanpa sebab? Jika ya, tak perlu khawatir, karena nyatanya ini adalah hal yang umum terjadi.
ADVERTISEMENT
Dilansir Women’s Health, menurut Ilan Danan, MD, MSc, ahli saraf untuk olahraga dari Center for Sports Neurology and Pain Medicine, Cedar-Sinai-Kerlan-Jobe Institute, Amerika Serikat, sakit kepala biasa terjadi saat seseorang melakukan olahraga berat. Berbeda dengan migrain, sakit kepala saat olahraga ini biasanya terjadi di seluruh bagian kepala.
Sakit Kepala saat Olahraga? Begini Cara Mencegahnya (1202381)
Ilustrasi olahraga di rumah. Foto: Dok: Pixabay
Sakit kepala karena olahraga ini terbagi jadi dua kategori, yaitu, primer dan sekunder. Primer biasanya akan bertahan selama lima menit hingga 48 jam. Sedangkan sekunder akan bertahan lebih lama dan memiliki kadar sakit yang lebih besar.
"Sakit kepala ini bisa terjadi karena latihan yang terlalu berat. Namun hal lain seperti perubahan tekanan, dehidrasi, hawa panas, kelembapan, dan rendahnya gula darah bisa sebabkan sakit kepala ini," tambah Ilan.
Sakit Kepala saat Olahraga? Begini Cara Mencegahnya (1202382)
Ilustrasi olahraga Foto: thinkstock
Namun, Anda tak perlu khawatir, karena sakit kepala ini bisa Anda cegah. Pertama, pastikan bahwa Anda selalu melakukan pemanasan terlebih dahulu. Buatlah olahraga tersebut dilakukan secara bertahap, agar tubuh Anda tidak merasa 'kaget'.
ADVERTISEMENT
Kemudian, pastikan bahwa Anda telah menghidrasi tubuh dengan cukup sebelum berolahraga. Tak lupa, mengkonsumsi makanan-makanan sehat seimbang secara rutin.
Dan jika kedua hal ini tak cukup mencegah sakit kepala hilang saat berolahraga, Anda bisa mengkonsumsi pil anti-inflamasi (baik yang tersedia secara umum di apotek, atau atas saran dokter) 30 menit sebelum melakukan olahraga.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white