kumparan
12 Juni 2019 10:37

Tips Menyiasati Anggaran Bulanan yang Kacau Setelah Lebaran

com-Ilustrasi kondisi keuangan setelah Lebaran
com-Ilustrasi kondisi keuangan setelah Lebaran Foto: Shutterstock
Setelah satu bulan menjalankan ibadah di bulan Ramadhan, umat muslim di seluruh dunia pun bersuka cita dalam merayakan Idul Fitri atau Lebaran. Hari kemenangan ini merupakan momen yang menyenangkan, karena Anda bisa berkumpul dan bersilaturahmi dengan keluarga tercinta.
ADVERTISEMENT
Namun seringkali, ada satu hal yang lazim dikhawatirkan oleh banyak orang setelah momen Lebaran usai. Banyaknya pengeluaran di momen Lebaran seringkali membuat anggaran bulanan terganggu.
Kalau sudah begini, Anda harus pintar-pintar untuk menyiasatinya agar tetap bisa bertahan hingga waktu terima gaji berikutnya. Bagaimana caranya? Simak ulasannya berikut ini:
Cek anggaran dan pengeluaran
com-Ilustrasi melakukan perhitungan anggaran
com-Ilustrasi melakukan perhitungan anggaran Foto: Shutterstock
Setelah Lebaran, buka kembali anggaran bulanan. Buatlah rincian pengeluaran, catat sedetail mungkin semua uang yang telah Anda keluarkan. Setelah itu, hitung sisa uang yang dimiliki untuk bertahan hingga gajian berikutnya.
Tata kembali anggaran
Jika sudah mengetahui berapa sisa anggaran Anda, ini saatnya untuk menata ulang anggaran bulanan. Bijaklah dalam menggunakan anggaran bulanan yang tersisa. Tentukan skala prioritas dan sampingkan terlebih dahulu untuk membeli barang-barang yang merupakan keinginan semata.
ADVERTISEMENT
Tidak ada salahnya pakai tabungan
com-Ilustrasi tabungan
com-Ilustrasi tabungan Foto: Shutterstock
Beruntunglah jika setiap bulan Anda menyisihkan sebagian gaji untuk menabung. Sebab di saat kepepet, tabungan tersebut bisa digunakan untuk menyambung hidup. Setelah momen Lebaran, tidak ada salahnya untuk sedikit “curang” untuk menggunakan uang tabungan. Tapi ingat, Anda tetap harus bijak dan ingat kalau tabungan adalah dana darurat.
Pertimbangkan opsi darurat
Jika anggaran bulanan semakin menipis, Anda juga tidak memiliki tabungan dana darurat, namun gajian selanjutnya masih lama. Anda bisa menyiasatinya dengan mengambil pinjaman bulanan. Tapi ingat, Anda juga harus selektif dalam melakukan pinjaman. #PilihPakeYakin produk keuangan terpercaya yang bisa membantu Anda memenuhi kebutuhan hingga menerima gaji berikutnya.
Jadi, tak perlu panik saat menyadari bahwa anggaran bulanan Anda bulan ini agak berantakan karena pengeluaran Lebaran. Ikuti empat langkah di atas, dan Anda akan tetap bertahan hingga gajian berikutnya datang!
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan