Tekno & Sains
·
21 Februari 2021 14:10

11 Lokasi Rahasia Google Maps yang Tidak Boleh Dilihat

Konten ini diproduksi oleh kumparan
11 Lokasi Rahasia Google Maps yang Tidak Boleh Dilihat (2617)
Alat pelacak Google Street View untuk Google Maps. Foto: Google
Google Maps, layanan peta digital milik Google memang menjadi jalan alternatif untuk melihat dunia secara virtual di tengah pandemi corona ini. Namun, tahukah kamu bahwa tidak semua tempat atau lokasi di dunia ini bisa dilihat dengan Google Maps.
ADVERTISEMENT
Setidaknya ada 11 lokasi yang konon menjadi rahasia sehingga Google Maps tidak bisa menampilkan gambar jelasnya ke pengguna internet. Lokasi-lokasi tersebut bervariasi mulai dari pangkalan militer, pulau misterius, dan juga bekas tempat penculikan.
Semua lokasi tersebut oleh Google telah diburamkan atau blur sehingga publik tidak bisa melihat jelas apa saja yang ada di sana. Berbicara soal lokasi yang diburamkan, kamu juga bisa melakukannya untuk lokasi yang bersifat privat, seperti rumah, gedung dan lainnya dengan meminta Google. Caranya bisa baca artikel di bawah ini.
Daripada kamu penasaran berikut adalah 11 lokasi rahasia yang tidak bisa dilihat di Google Maps yang dirangkum oleh The Sun.

Pulau Moruroa

11 Lokasi Rahasia Google Maps yang Tidak Boleh Dilihat (2618)
Pulau Moruroa di Google Maps. Foto: Screenshot Google Maps
Moruroa adalah pulau kecil di selatan Samudra Pasifik. Tidak jelas mengapa sebagian besar pulau itu disensor, tetapi beberapa menduga hal itu terkait dengan sejarah percobaan nuklir di tempat tersebut. Prancis melakukan uji coba nuklir di Pulau Moruroa antara 1966 hingga 1996 dan tercatat ada sebanyak 181 uji coba selama periode tersebut.
ADVERTISEMENT

Rumah 2207 Seymour Avenue

11 Lokasi Rahasia Google Maps yang Tidak Boleh Dilihat (2619)
Rumah 2207 Seymour Avenue di Google Maps. Foto: Screenshot Google Maps
Rumah yang terletak di jalan 2207 Seymour Avenue, Cleveland, AS ini disensor karena bekas lokasi penculikan legendaris, yang terjadi antara 2002 dan 2004. Kisahnya ada tiga perempuan muda diculik oleh Ariel Castro dan disekap di rumahnya yang terletak di jalan 2207 Seymour Avenue.
Salah satu dari korban penculikan itu akhirnya melarikan diri dan memberi tahu polisi. Castro dipenjara seumur hidup ditambah 1.000 tahun penjara, tetapi ia tewas gantung diri hanya satu bulan menjalani hukumannya.

Sebuah rumah di Stockton-on-Tees

11 Lokasi Rahasia Google Maps yang Tidak Boleh Dilihat (2620)
Sebuah rumah di Stockton-on-Tees di Google Maps. Foto: screenshot Google Maps
Lokasi rumah ini menjadi unik karena tidak bisa dilihat di Google Maps. Tidak jelas mengapa rumah yang terletak di Princeport Road, Stockton-on-Tees, Inggris ini diburamkan.
Bahkan menurut laporan The Sun warga yang tinggal di rumah tersebut, Jane Allison tidak tahu mengapa tempat tinggalnya tidak nampak di Google Maps. "Saya sudah berada di rumah ini sejak tahun 2000 tetapi saya tidak tahu mengapa Anda tidak bisa melihatnya."
ADVERTISEMENT

Pulau Jeannette

11 Lokasi Rahasia Google Maps yang Tidak Boleh Dilihat (2621)
Pulau Jeannette di Google Maps. Foto: Screenshot Google Maps
Pulau Jeannette adalah sebuah pulau kecil di Laut Siberia Timur, berukuran panjangnya sekitar 3 kilometer. Pulau ini sebagian besar tertutup es dan memiliki puncak setinggi 351,1 meter di tengahnya. Tidak jelas persis mengapa pulau itu diburamkan, meskipun diduga berkaitan dengan masalah seputar apakah pulau itu milik Rusia atau Amerika Serikat.

Korea Utara

11 Lokasi Rahasia Google Maps yang Tidak Boleh Dilihat (2622)
Lokasiterdampak badai di Korea Utara yang akan dipulihkan dan direnovasi. Foto: KCNA via Reuters
Tidak mengherankan jika sebagian Korea Utara diburamkan di Google Maps. Korea Utara memang menjadi negara yang tertutup dengan dunia luar. Negara yang dipimpin oleh Kim Jong-Un ini bahkan blokir warganya untuk mengakses Google, Facebook, dan layanan media sosial lainnya.

Pulau Amchitka

11 Lokasi Rahasia Google Maps yang Tidak Boleh Dilihat (2623)
Pulau Amchitka di Google Maps. Foto: screenshot Google Maps
Pulau Amchitka adalah tempat uji coba nuklir bawah tanah milik Amerika Serikat pada tahun 1950 hingga 1970-an. Pencarian pulau ini di Google Maps menunjukkan bagian yang kabur.
ADVERTISEMENT
Pulau Amchitka juga menerapkan akses terbatas dan sedang dalam pengamatan untuk melihat kebocoran radioaktif.

Pangkalan militer Yunani

11 Lokasi Rahasia Google Maps yang Tidak Boleh Dilihat (2624)
Pangkalan Militer Ayioi Anargyroi Athena di Google Maps. Foto: screenshot Google Maps
Pangkalan militer Yunani yang terletak di Athena benar-benar tampak diburamkan walaupun berada di tengah kota. Tidak pernah dijelaskan secara eksplisit mengapa hal itu dilakukan, tetapi seringkali pemburaman semacam ini terkait dengan keamanan nasional.

Fasilitas nuklir Prancis

11 Lokasi Rahasia Google Maps yang Tidak Boleh Dilihat (2625)
AREVA La Hague di Google Maps. Foto: screenshot Google Maps
Fasilitas pemrosesan ulang bahan bakar nuklir, AREVA La Hague di Prancis juga tampak disensor. AREVA La Hague sendiri dibuka pada tahun 1976, ia menangani bahan bakar nuklir bekas dari beberapa negara di seluruh dunia.

Markas pasukan khusus Polandia

11 Lokasi Rahasia Google Maps yang Tidak Boleh Dilihat (2626)
Markas Pasukan Khusus Polandia di Google Maps. Foto: screenshot Google Maps
Dowództwo Wojsk Specjalnych adalah markas pasukan khusus Polandia yang digunakan untuk tempat tinggal dan latihan para anggotanya. Lokasi ini disensor berkaitan dengan masalah keamanan nasional.
ADVERTISEMENT

Patio de los Naranjos, Spanyol

11 Lokasi Rahasia Google Maps yang Tidak Boleh Dilihat (2627)
Patio de los Naranjos di Google Maps. Foto: screenshot Google Maps
Patio de los Naranjos adalah sebuah tempat taman besar yang ditumbuhi pohon-pohon besar dan ada kolam buatan. Tidak jelas mengapa area tersebut diburamkan di Google Maps, tetapi kemungkinan terkait dengan gedung-gedung pemerintah Spanyol di sekitarnya.

Pulau Sandy

11 Lokasi Rahasia Google Maps yang Tidak Boleh Dilihat (2628)
Pulau Sandy di Google Maps. Foto: screenshot Google Maps
Pulau Sandy ini pertama kali ditemukan dan dipetakan oleh Kapten James Cook pada bulan September 1774, tetapi akhirnya menghilang pada tahun 1979. Oleh karenanya pulau ini dikenal sebagai 'pulau hantu'.
Pulau itu ditampilkan di Google Maps hingga November 2012, ketika ilmuwan Australia mengkonfirmasi keberadaan pulau Sandy. Namun, kini hanya tersisa bayangan abu-abu yang bentuknya sama dengan pulau aslinya.