Tekno & Sains
·
19 Oktober 2020 6:55

5 HP Terunik hingga Teraneh di Dunia: Bentuk Ketupat sampai Tempat Bedak

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 HP Terunik hingga Teraneh di Dunia: Bentuk Ketupat sampai Tempat Bedak (30526)
Ilustrasi smartphone. Foto: Melly Meiliani/kumparan
Desain smartphone yang ada saat ini tampak kurang inovatif. Hal itu membuat masing-masing smartphone terlihat mirip satu sama lain.
ADVERTISEMENT
Tiap tahun, berbagai teknologi dan fitur baru cerdas dikembangkan oleh masing-masing vendor HP pintar untuk memikat pengguna. Namun, di tengah perkembangannya tersebut, aspek desain selalu memakai resep yang sama. Ketika satu HP baru dirilis, kita bisa menduga kalau bentuknya pasti seperti balok batu bata seluas 5-6 inci. Apa yang membedakan desain satu sama lain tak lebih dari sekadar warna bodi, frame, atau bentuk modul kamera.
Resep desain semacam ini tak selamanya buruk. Buat apa pula vendor membuat desain HP yang ‘inovatif’, tapi justru menyulitkan bagi penggunanya? Sejumlah vendor seperti Samsung, Huawei, dan Motorola pun sebenarnya sudah mencoba berinovasi dengan membuat smartphone layar lipat. Desain seperti itu tampaknya perlu waktu yang lama untuk diadopsi secara luas.
ADVERTISEMENT
Berbeda dengan smartphone, feature phone di masa lalu justru punya desain yang lebih berani tampil beda. Jenis ponsel yang memenuhi pasar ponsel pada 1990 hingga akhir 2000-an itu sering tampil nyeleneh. Beberapa di antaranya ditujukan untuk meningkatkan pengalaman pengguna, tapi tak sedikit juga yang justru bikin menyulitkan pemakaian.
kumparanTECH telah merangkum 5 HP dengan desain terunik hingga teraneh yang pernah ada. Kamu bisa melihatnya melalui daftar berikut.

Nokia 7600, bentuk ketupat

Nokia 7600 punya desain yang aneh, bahkan bagi eranya HP nyeleneh. Nokia memoles ponsel ini dengan bentuk belah ketupat yang ditujukan bagi anak-anak muda modis di tahun 2003.
5 HP Terunik hingga Teraneh di Dunia: Bentuk Ketupat sampai Tempat Bedak (30527)
Nokia 7600. Foto: Andrew Currie via Wikimedia Commons
HP ini punya layar kecil yang dikelilingi oleh tombol ketik. Hal itu membuat pengguna agak canggung ketika mengetik SMS dan sulit digunakan dengan satu tangan.
ADVERTISEMENT
Menariknya, Nokia 7600 bisa dibilang merupakan HP canggih kala itu. Ia telah mendukung jaringan 3G dan memiliki sebuah kamera VGA 0,3 MP yang bisa bikin foto keren di zamannya.

Nokia N-Gage, cikal bakal ponsel gaming

Masih dari Nokia, handphone yang satu ini merupakan nenek moyang dari smartphone gaming. Nokia N-Gage merupakan HP pertama yang ditujukan khusus bagi mobile gamer.
Nokia N-Gage memiliki desain yang mirip seperti konsol Game Boy Advance. HP yang dirilis pada 2003 ini punya layar mungil 2,1 inci di bagian tengah, sebuah D-Pad berbentuk bulat di kiri, dan tombol ketik di sebelah kanan.
5 HP Terunik hingga Teraneh di Dunia: Bentuk Ketupat sampai Tempat Bedak (30528)
Nokia N-Gage. Foto: J-P Kärnä via Wikimedia Commons
Untuk menunjang kebutuhan gaming multiplayer, Nokia menyediakan handphone ini dengan Bluetooth dan layanan online gaming N-Gage Arena. Tidak seperti smartphone gaming modern, game di Nokia N-Gage hadir dalam bentuk kartu memori MMC dan bukan aplikasi yang dapat diunduh. Meski demikian, pemasangan katrid memori itu sedikit rumit karena pengguna harus melepas baterai untuk mengakses slot kartu.
ADVERTISEMENT

Haier P7 Pen Phone

Haier P7 Pen Phone boleh jadi menyandang status sebagai HP paling aneh yang pernah dibuat manusia. Seperti namanya, handphone ini punya bentuk kecil memanjang layaknya sebuah pena.
Selayaknya ponsel pada umumnya, Haier P7 Pen Phone dibekali kemampuan telepon dan SMS, dengan fitur prediksi teks. Namun, desainnya yang super nyeleneh itu membuat ponsel ini tak bisa membawa banyak fitur selayaknya HP di zamannya.
Video
Menurut catatan GSM Arena, Haier P7 Phone cuma punya layar beresolusi 64 x 128 pixel dengan 65 ribu warna. Ia memiliki sebuah browser dan kalkulator bawaan, namun tak memiliki fitur esensial lain seperti loudspeaker, Bluetooth, dan radio.

Si kotak bedak, Siemens Xelibri 6

Sebelum Samsung memperkenalkan Samsung Galaxy Z Flip yang bentuknya mirip seperti kotak bedak, Siemens terlebih dahulu memakai desain semacam itu pada 2003 lewat Xelibri 6. Perbedaannya, Siemens Xelibri 6 punya desain yang sangat mirip betul dengan kotak bedak sungguhan.
ADVERTISEMENT
Ponsel ini punya bentuk bulat yang bisa dilipat. Di bagian atas, ia memiliki sebuah kaca dengan layar beresolusi 101x80 pixel di tengahnya. Di bagian bawah ponsel, terdapat tombol ketik dengan susunan melingkar di sekitar kaca kedua.
5 HP Terunik hingga Teraneh di Dunia: Bentuk Ketupat sampai Tempat Bedak (30529)
Siemens Xelibri 6. Foto: Rainbowknight at English Wikipedia via Wikimedia Commons
“Dua kaca terintegrasi --satu dengan efek pembesar-- membuat Xelibri 6 praktis dan, dengan berat di bawah 90 gram, aksesori yang sangat dapat dikenakan untuk dibawa dalam dompet atau buku saku apa pun,” kata Siemens dalam siaran pers saat itu, dikutip dari CNBC.
Menurut Siemens, desain kotak bedak ini menyesuaikan target pasar Xelibri 6 yang ditujukan untuk cewek modis kala itu.

Motorola MPx300, ponsel seperti laptop?

Motorola MPx300 boleh jadi merupakan feature phone terpintar di antara dumbphone di zamannya. Ia telah dibekali dengan software Microsoft Windows Mobile dan punya bentuk layaknya laptop.
ADVERTISEMENT
Ponsel lipat ini punya layar 2,8 inci, kewboard QWERTY, kamera beresolusi 1,3 MP. Tak hanya itu, Motorola MPx300 juga telah mendukung stylus pen sebelum Samsung bikin pena pintar itu jadi terkenal di seri Galaxy Note mereka.
“Faktor bentuk ringkas yang revolusioner ini menggabungkan perangkat keras dan pendukung perangkat lunak yang kuat dan perangkat lunak Microsoft Windows Mobile, untuk menciptakan asisten seluler sejati - membantu profesional seluler tetap terdepan,” kata Motorola dalam siaran persnya saat itu.
Video