5 Informasi Penting tentang Liga eSports Tokopedia Battle of Fridays

11 Agustus 2018 10:13 WIB
clock
Diperbarui 14 Maret 2019 21:07 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tokopedia Battle of Fridays (TBoF). (Foto: Indonesia Esports Premier League (IESPL))
zoom-in-whitePerbesar
Tokopedia Battle of Fridays (TBoF). (Foto: Indonesia Esports Premier League (IESPL))
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Indonesia eSports Premier League (IESPL), bersama dengan e-commerce Tokopedia, resmi membuka turnamen liga game pertama di Indonesia, bertajuk Tokopedia Battle of Friday atau TBoF.
ADVERTISEMENT
TBoF bakal menjadi liga utama eSports bagi para gamer profesional di Indonesia, dengan total hadiah mencapai Rp 1,9 miliar. Turnamen yang dimulai pada Jumat (10/8) ini bakal menyuguhkan total 660 pertandingan, yang digelar setiap hari Jumat selama enam bulan.
Untuk kamu penggemar game yang penasaran dengan TBoF, berikut lima hal yang wajib kamu ketahui tentang liga eSports pertama di Indonesia ini!
1. Diikuti 12 Tim eSports Profesional Indonesia
Turnamen ini akan diikuti oleh 12 tim eSports profesional Indonesia yang sudah berpengalaman memenangi berbagai kompetisi game. Mereka adalah EVOS, RRQ, NXL, Boom ID, XCN, Recca, Alter Ego, Capcorn, The Prime, Bigetron, Juggernaut, dan PG Barracx.
2. 4 Game Kompetitif
ADVERTISEMENT
Ada empat game populer (tiga game komputer dan satu game mobile) yang dipertandingkan oleh 12 peserta TBoF, yaitu Counter Strike Global Offensive, Dota 2, Point Blank, dan Mobile Legends. Semua game ini punya elemen kompetitif dengan genre masing-masing, mulai dari shooter hingga MOBA (multiplayer online battle arena).
Suasana turnamen Mobile Legends MSC 2018. (Foto: Facebook/Mobile Legends: Bang Bang)
zoom-in-whitePerbesar
Suasana turnamen Mobile Legends MSC 2018. (Foto: Facebook/Mobile Legends: Bang Bang)
3. Poin dalam Pertandingan
Untuk formatnya sendiri tidak jauh berbeda dengan liga sepak bola. Tim pemenang di setiap pertandingan akan mendapatkan tiga poin, satu poin untuk pertandingan berakhir seri, dan yang kalah tidak akan menerima poin.
Tim eSports dengan poin tertinggi ditentukan sebagai pemenang liga. Jika ada dua tim memiliki jumlah poin yang sama, maka pemenang liga ditentukan dengan babak pertandingan tambahan semacam play-off.
ADVERTISEMENT
4. Lokasi dan Jadwal Pertandingan
IESPL memilih Highgrounds iCafe di Pantai Indah Kapuk, Jakarta, sebagai lokasi pertandingan TBoF. Pertandingannya sendiri digelar setiap hari Jumat, dengan partai perdana dimulai pada tanggal 10 Agustus 2018 dan partai terakhir pada tanggal 25 Januari 2019.
Liga eSports Tokopedia Battle of Fridays. (Foto: Muhammad Fikrie/kumparan)
zoom-in-whitePerbesar
Liga eSports Tokopedia Battle of Fridays. (Foto: Muhammad Fikrie/kumparan)
5. Disiarkan di Aplikasi Streaming Video CubeTV
Jika kamu berhalangan hadir untuk menonton pertandingan secara langsung ke Pantai Indah Kapuk, maka kamu masih bisa menyaksikannya di aplikasi streaming video CubeTV atau dengan mengakses https://www.cubetv.sg/ di komputer.
Giring Ganesha, selaku presiden IESPL, yakin TBoF dapat membuat iklim kompetisi eSports di Indonesia semakin berkualitas, sehingga bisa melahirkan gamers bertalenta yang siap bertanding di level internasional.
"IESPL memiliki visi dan misi untuk membawa eSports menjadi industri olahraga bergensi di Indonesia, seiring dengan tren dunia. Ingin masa depan atlet eSports sejahtera, fokus bertanding. Goal pertama mengharumkan nama Indonesia," kata Giring dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat (10/8).
ADVERTISEMENT