Tekno & Sains
·
5 Mei 2021 15:11

Apa Itu TikTok Lite? Aplikasi Viral yang Disebut Bisa Hasilkan Uang

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Apa Itu TikTok Lite? Aplikasi Viral yang Disebut Bisa Hasilkan Uang (251779)
searchPerbesar
Ilustrasi TikTok Lite. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Aplikasi TikTok Lite kini tengah menjadi pembicaraan di media sosial. Kabarnya, TikTok Lite bisa menghasilkan uang yang cukup banyak untuk penggunanya dengan hanya melakukan tugas tertentu.
ADVERTISEMENT
Dalam laporan TechCrunch, aplikasi TikTok Lite pertama kali diluncurkan pada 6 Agustus 2018 di Thailand, tetapi sekarang tersedia di pasar utama Asia lainnya, termasuk Indonesia, Vietnam, Malaysia, dan Filipina.
Pengembang aplikasi TikTok dan TikTok Lite sama, namun ada yang menarik dalam penulisan nama badan hukumnya. Untuk developer TikTok versi biasa ditulis TikTok Pte. Ltd., sementara pengembang TikTok Lite ditulis TikTok PTE.ltd. kumparan sudah menghubungi TikTok Indonesia untuk konfirmasi isu ini, namun belum direspons.
Apa Itu TikTok Lite? Aplikasi Viral yang Disebut Bisa Hasilkan Uang (251780)
searchPerbesar
Ilustrasi TikTok Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Berbeda dengan aplikasi TikTok versi biasa adalah TikTok Lite memiliki sedikit fitur yang berarti memotong ukuran aplikasi. Pada dasarnya, TikTok Lite telah dibuat untuk smartphone yang memiliki RAM rendah dan memori kecil.
Aplikasi TikTok reguler membawa ukuran file sekitar 182 MB saat instalasi, sehingga memakai lebih banyak memori. Di sisi lain, TikTok Lite lebih kecil yaitu 30 MB. Karena kedua versi mendukung pemutaran video, konsumsi baterainya hampir sama.
ADVERTISEMENT
TikTok Lite memangkas banyak fitur sehingga hanya meninggalkan yang intinya saja, seperti beberapa efek untuk bikin konten video. Tidak ada fitur Duet, React, Save Video, Share as GIF, Favorites, dan Live Photos.
Apa Itu TikTok Lite? Aplikasi Viral yang Disebut Bisa Hasilkan Uang (251781)
searchPerbesar
Ilustrasi TikTok. Foto: DADO RUVIC/REUTERS

Lebih cuan TikTok Lite dibanding TikTok versi biasa

Soal penghasil uang, kedua aplikasi ini pun entah mengapa berbeda. Nampaknya ByteDance ingin menonjolkan aplikasi TikTok Lite. Dalam penelusuran kumparan, pengguna TikTok Lite lebih mudah mendapat cuan yang besar dibanding versi biasa.
Meski sama menjanjikan uang hingga Rp 60 ribu saat mengajak teman untuk bergabung, TikTok Lite menawarkan poin yang lebih besar di bagian tugas nonton video. Sebagai gambaran, nonton video di TikTok Lite durasi 3 menit bisa dapat 1172 poin, sementara di TikTok versi biasa durasi 5 menit hanya 250 poin.
ADVERTISEMENT
TikTok Lite juga memberikan 3.000 poin tambahan untuk post satu video sehari dan 1.000 poin untuk satu kali share link. Poin-poin tambahan itu tidak ada di aplikasi TikTok versi biasa.
Apa Itu TikTok Lite? Aplikasi Viral yang Disebut Bisa Hasilkan Uang (251782)
searchPerbesar
Perbedaan pengumpulan poin TikTok versi biasa (kiri) dan TikTok Lite (kanan). Foto: screenshot
Tiktok Lite maupun TikTok versi biasa menggunakan konsep poin yang bisa dikonversi menjadi uang melalui transfer bank, OVO, dan DANA. Tarik saldo dimulai dari Rp 500 hingga Rp 30 ribu.
Penghitungan untuk konversi uang adalah 10 koin bernilai Rp 1. Misalkan pengguna baru mendapatkan 30 ribu koin saat mendaftar, berarti nilai uang didapatkan adalah Rp 3.000. Tidak ada koin yang dapat diberikan atau ditransfer ke pengguna lain dari Platform atau pihak ketiga.
Untuk melakukan penarikan pun ada aturannya. Penarikan pertama, pengguna harus memiliki setidaknya Rp 2.500 di dompet TikTok Lite. Kemudian untuk penarikan ke-5, harus memiliki setidaknya Rp 300.000 di dompet. Penarikan ke-6 dan selanjutnya dapat dilakukan tanpa persyaratan saldo minimum.
ADVERTISEMENT
Melihat cara kerja menghasilkan uang TikTok Lite mirip seperti apa yang dilakukan Snack Video. Program bagi-bagi hadiah dilakukan untuk menjaring pengguna baru. Keduanya tidak mengumpulkan uang dari penggunanya, seperti TikTok Cash yang sudah dinyatakan ilegal karena mewajibkan membayar biaya keanggotaan untuk melipatgandakan keuntungan.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020