kumparan
search-gray
Tekno & Sains7 Januari 2020 8:16

Bocah 7 Tahun Tak Sengaja Telan Apple Airpods

Konten Redaksi kumparan
Earphone Nirkabel Apple AirPods Bisa Dipakai untuk 'Menyadap'
Earphone Nirkabel Apple AirPods Bisa Dipakai untuk 'Menyadap' Foto: FloTV/Pixabay
Dulu, orang-orang punya masalah menggunakan earphone konvensional karena kabelnya yang gampang kusut sehingga mudah rusak. Kini, para vendor teknologi berlomba-lomba bikin earphone nirkabel untuk lebih mempermudah hidup konsumennya, misal, Apple dengan AirPods buatannya.
ADVERTISEMENT
Sayangnya, permasalahan tidak selesai sampai di situ. Karena ukurannya yang kecil, AirPods jadi gampang hilang. Hal ini terdengar menyakitkan karena harga Airbuds yang tidak murah, yakni Rp 2,8 juta untuk versi terbarunya.
Risiko tak hanya hilang. Jika earphone itu diberikan kepada orang yang belum paham cara menggunakannya, dampaknya juga bisa lebih berbahaya. Seperti kisah anak berusia 7 tahun yang mendapat hadiah AirPods sebagai kado natal.
Bukannya menggunakan perangkat earphone itu sebagaimana seharusnya, bocah asal DeKalb County, Georgia, ini justru memakan AirPods tersebut. Karena AirPods besutan Apple itu terbuat dari sebagian besar material plastik, karet, hingga tembaga, siapapun akan tersedak jika tertelan benda tersebut.
Ilustrasi anak laki-laki
Ilustrasi anak laki-laki. Foto: Shutterstock
Berdasarkan laporan Ubergizmo, nenek dari bocah tersebut menelepon sang ibu dan mengatakan bahwa kini ia sedang merawat anaknya yang tersedak AirPods. Perangkat itu tak sengaja tertelan saat si anak sedang iseng mengulum AirPods, sehingga tertelan dan membuatnya tersedak.
ADVERTISEMENT
Gara-gara hal itu, bocah 7 tahun ini segera dilarikan ke UGD. Setelah melalui berbagai pemeriksaan, dokter mengatakan bahwa pasien tidak mengalami hal serius karena kecelakaan tersebut. Ia hanya mengalami ketidaknyamanan di awal karena tersedak.
Bahkan, berdasarkan pemindaian sinar-X, AirPods mampu melewati perut anak tanpa hambatan. Jadi, AirPods tidak tersangkut di bagian-bagian organ tubuh yang akan menimbulkan bahaya lebih lanjut.
Dokter berkata, kondisi ini tidak membutuhkan pembedahan untuk mengeluarkan AirPods dari tubuh si anak. AirPods akan keluar dari tubuh pasien secara alami melalui BAB.
Ini bukan pertama kalinya terdengar kasus AirPods tertelan. Pada 2019 lalu, muncul laporan serupa di mana seseorang tak sengaja menelan AirPods. Perangkat itu berhasil keluar dari tubuhnya secara alami bahkan masih dalam kondisi baik dan bisa bekerja sebagaimana mestinya. Ya, meskipun agak kotor, sih.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white