kumparan
13 Januari 2020 18:26

Bocoran Terbaru Pastikan Nama Samsung Galaxy S20, Bukan Galaxy S11

Samsung Galaxy S10
Samsung Galaxy S10 Foto: Samsung
Dapat dipastikan tidak akan ada Samsung Galaxy S11. Samsung bakal menggunakan nama Galaxy S20 untuk smartphone flagship-nya yang akan diluncurkan pada 11 Februari mendatang di San Francisco, AS.
ADVERTISEMENT
Menjelang hari kelahirannya yang di depan mata, desain Samsung Galaxy S20 juga mulai bocor. Berdasarkan foto terbaru yang diungkap Max Weinbach, kontributor XDA Developers, tampak foto smartphone yang menampilkan tulisan Samsung Galaxy S20 Plus 5G saat ponsel itu dinyalakan.
Menurut Weinbach, desain ini merupakan bentuk Galaxy S20 Plus yang dia dapatkan dari sumber terdekat yang enggan diungkap identitasnya.
Pada bagian belakang ponsel, hal yang paling menonjol adalah modul kamera belakang yang mirip dengan modul kamera belakang iPhone 11. Kamera belakang Galaxy S20 ini dikemas dalam modul berbentuk persegi panjang yang terdiri dari empat kamera, sebuah lampu flash, dan lubang mikrofon.
Adapun di bagian depannya, Samsung Galaxy S20 tampil bezel-less dengan teknologi punch hole untuk menaruh kamera selfie. Namun, berbeda dengan Galaxy S10 yang punya punch hole di sebelah kanan atas layar, Galaxy S20 menempatkan punch hole di posisi atas tengah layar, dengan ukuran yang lebih kecil ketimbang pendahulunya.
ADVERTISEMENT
Sumber terpercaya Weinbach juga menyebut bahwa layar Galaxy S20 Plus punya sensasi yang lebih datar. Kabarnya, Samsung lebih memilih layar kaca 2.5D ketimbang layar lengkung bikinan mereka sendiri.
Di bagian sisi kanan ponsel Galaxy S20, terdapat tombol volume dan tombol power. Anehnya, Weinbach menyebut bahwa tidak ada tombol Bixby di bagian sisi kiri ponsel, seperti pada Galaxy S10.
Samsung Galaxy S10 Plus
Samsung Galaxy S10 Plus. Foto: Jofie Yordan/kumparan
Samsung sendiri dikabarkan bakal merilis Galaxy S20 dalam tiga varian, yakni versi biasa, Plus, dan Ultra. Perbedaan ketiganya didasarkan pada spesifikasi masing-masing varian, dengan versi Ultra sebagai versi yang paling tinggi.
Sebagai contoh, di sektor kamera, Samsung dikabarkan bakal memberikan kemampuan fotografi super pada Galaxy S20 Ultra dengan kamera utama 108 MP, kamera periskop 48 MP dengan kemampuan zoom hingga 100 kali, kamera ultrawide, dan kemampuan pengambilan video hingga 8K.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, Galaxy S20 Plus dan Galaxy S20 kabarnya akan hadir dengan kamera utama beresolusi 12 MP. Meski demikian, kedua smartphone itu tetap dilengkapi dengan kamera telephoto, ultrawide, ToF, serta kemampuan mengambil video dengan kualitas 8K.
Untuk kapasitas baterai, Galaxy S20 Ultra dan Galaxy S20 Plus akan hadir dengan baterai 4.900 mAh. Sedangkan Galaxy S20 biasa hanya dibekali dengan baterai 3.730 mAh.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan