Cara Atasi Sertifikat Vaksin Tak Muncul di Aplikasi PeduliLindungi

26 Agustus 2021 7:40 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi cara atasi sertifikat vaksin yang tak muncul di aplikasi PeduliLindungi. Foto: Zabur Karuru/ANTARA FOTO
ADVERTISEMENT
Ada beberapa cara bagi masyarakat untuk melihat dan mendapatkan sertifikat vaksin COVID-19, salah satunya melalui aplikasi PeduliLindungi. Namun, hingga kini masih ada saja ditemukan keluhan yang tidak bisa memunculkan sertifikat vaksin di aplikasi besutan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) itu.
ADVERTISEMENT
Aplikasi PeduliLindungi sendiri adalah aplikasi yang dikembangkan untuk membantu pemerintah dalam melakukan menghentikan penyebaran COVID-19. Di aplikasi ini pun, bakal ketahuan apakah kamu sudah divaksin atau belum, hingga ke mana saja kamu bepergian karena ada riwayat kontak maupun perjalanan.
Masyarakat yang sudah melakukan vaksinasi COVID-19 bisa mendapat sertifikat vaksinnya di aplikasi PeduliLindungi. Sertifikat ini berlaku bagi masyarakat yang telah mendapat vaksin dosis pertama maupun kedua.
Masalahnya, tidak semua berjalan mulus. Ada saja sebagian masyarakat yang sudah suntik vaksin corona mengalami kendala saat ingin memunculkan sertifikat vaksin di situs maupun aplikasi Pedulilindungi untuk dipindai sebagai syarat masuk masuk mal.
Untuk menelusuri penyebab tidak munculnya sertifikat vaksin, pastikan kamu sudah memberikan data pribadi, NIK, dan nomor telepon dengan benar saat vaksinasi. Lalu, saat mendaftarkan akun PeduliLindungi, pastikan kamu menggunakan nama lengkap dan nomor telepon sebagai syaratnya. Jangan menggunakan email.
ADVERTISEMENT

Solusi lain saat sertifikat vaksin tak muncul di PeduliLindungi

Jika kamu sudah melakukan langkah-langkah di atas, tapi sertifikat vaksin tak muncul juga. Kemungkinan besar ada kesalahan input data.
Juru Bicara Kominfo, Dedy Permadi, mengatakan bagi mayarakat yang belum bisa memunculkan dan download sertifikat vaksin di situs maupun aplikasi PeduliLindungi, bisa melakukan koreksi data pribadi untuk memperbaiki kesalahan.
"Apabila data vaksinasi tidak tercatat dalam aplikasi Pedulilindungi, pengunjung tidak diperbolehkan masuk dan wajib menghubungi hotline Kementerian Kesehatan di 119 atau email [email protected] untuk dilakukan upload data," kata Dedy kepada kumparan, Sabtu (21/8).
Selanjutnya dalam isi email yang dikirimkan ke [email protected], harus berisi data secara lengkap serta menjelaskan keluhannya secara detail.
ADVERTISEMENT