Tekno & Sains
·
30 Juli 2021 9:31
·
waktu baca 1 menit

Cara Cas HP Oppo Semalaman dengan Aman Tanpa Khawatir Baterai Rusak

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cara Cas HP Oppo Semalaman dengan Aman Tanpa Khawatir Baterai Rusak (155473)
searchPerbesar
Oppo Reno A54 Foto: Oppo
Masalah yang sering terjadi di smartphone adalah daya baterai cepat habis. Hal ini tentu saja membuat pengguna handphone (HP) kurang nyaman. Salah satu penyebab daya baterai ponsel cepat habis adalah budaya cas yang salah.
ADVERTISEMENT
Banyak pengguna yang memilih mengisi daya smartphone-nya saat malam, karena padatnya aktivitas di siang hari sehingga tidak ada waktu luang untuk mengisi daya baterai. Sering terjadi baterai yang belum penuh dan pengguna sudah mulai mengantuk, sehingga mereka memutuskan untuk mengisi daya semalaman.
Ada juga yang menganggap jika baterai yang cepat habis karena kurang lama saat charging. Padahal mengisi baterai ponsel terlalu lama justru menyebabkan kerusakan. Baterai akan menggembung dan bocor karena adanya tekanan pada tegangan yang tinggi dan membuat bahan-bahan kimia di dalam baterai terkikis.
Bahan kimia di dalam baterai yang sudah terkikis adalah salah satu penyebab baterai bocor dan cepat habis ketika digunakan. Kondisi baterai yang rusak ini bisa menimbulkan kebakaran dan HP meledak.
Cara Cas HP Oppo Semalaman dengan Aman Tanpa Khawatir Baterai Rusak (155474)
searchPerbesar
Ilustrasi baterai ponsel Foto: Dok.Pixabay
Untuk mengatasi hal tersebut, Oppo memberikan fitur Optimized Night Charging. Fitur ini menggunakan teknologi berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang dapat mempelajari rutinitas yang dilakukan pemilik ponsel saat pengisian baterai.
ADVERTISEMENT
Lalu, teknologi tersebut akan mengoptimalkan proses pengisian daya di malam hari. Fitur ini bisa berjalan di HP Oppo dengan sistem operasi ColorOS 11.
Setelah mengaktifkan fitur Optimized Night Charging, pengisian baterai akan mencapai 100 persen tepat pada saat pengguna bangun pagi berkat adanya teknologi AI. Masa pakai baterai akan terlindungi karena pengisian akan terjadi secara berulang antara 80 persen dan 100 persen.
Adanya teknologi AI yang digunakan di fitur ini, jadwal tidur pengguna HP Oppo dapat terdeteksi menjadi lebih akurat. Cara mengaktifkan fitur ini di HP Oppo dapat dilakukan dengan mudah lewat pengaturan di bawah ini.
Cara Pakai Fitur Optimized Night Charging di HP Oppo
HP Oppo punya fitur Optimized Night Charging yang bisa membantu cas baterai semalaman tanpa khawatir rusak.
1. Buka 'Setting'
Di halaman beranda HP Oppo, buka menu 'Setting'.
2. Klik 'Battery'
Di menu 'Setting', pilih 'Battery'.
3. Ketuk 'More battery settings'
Klik 'More battery settings' untuk membuka opsi tambahan.
4. Geser tombol ‘Optimized Night Charging’ ke kanan
Geser tombol ‘Optimized Night Charging’ ke kanan untuk mengaktifkan fitur ini.
Sekarang, pengguna HP Oppo tidak perlu khawatir dengan kondisi baterai mereka karena sering mengisi daya semalaman. Fitur ini dapat mengurangi penuaan baterai di HP Oppo akibat pengisian baterai yang berlebihan.
ADVERTISEMENT
(NSF)