kumparan
16 Mei 2019 10:15

Google Bakal Tampilkan Lebih Banyak Iklan di Smartphone Android

Ilustrasi google
Ilustrasi google. Foto: Reuters//Dado Ruvic
Pengguna smartphone Android kerap menemukan iklan yang tiba-tiba muncul ketika sedang menggunakan perangkatnya. Dan ke depannya, sepertinya Google selaku pengembang sistem operasi Android akan menampilkan lebih banyak iklan lagi.
ADVERTISEMENT
Raksasa teknologi tersebut baru saja mengumumkan sejumlah tipe iklan baru yang akan muncul di berbagai produk mobile-nya, termasuk di mesin pencari Google dan juga lini masa discovery, news stories, dan lainnya.
Sebelumnya, iklan yang akan menyerupai galeri foto ini telah diuji coba sejak awal tahun ini.
Dalam blog resmi Google, Chief Google Ad, Prabhakar Raghavan, mengatakan dalam pengujian tersebut iklan ini dapat meningkatkan interaksi penggunanya.
"Interaksi hingga 25 persen lebih banyak daripada iklan pencarian tradisional," kata Raghavan.
Android Q di Oppo Reno, Huawei Mate 20 Pro, dan Realme 3 Pro
Tampilan Home OS Android Q di smartphone Oppo Reno, Huawei Mate 20 Pro, dan Realme 3 Pro. Foto: Google
Galeri iklan ini hanya akan diluncurkan untuk perangkat smartphone, bukan desktop. Google mengatakan pembaruan tersebut akan mulai tersedia secara luas untuk seluruh pengguna Android pada akhir tahun ini.
Dengan menambahkan visual ke dalam format iklan akan sangat menguntungkan dari perspektif Google. Iklan tersebut akan lebih menarik perhatian ke konten pengiklan sehingga bisa menarik lebih banyak pengiklan tentunya.
ADVERTISEMENT
Namun, yang menjadi masalah adalah jika iklan-iklan tersebut akan mengganggu pengalaman pengguna. Apalagi dengan iklan yang banyak visual juga akan membutuhkan kuota data yang lebih besar.
Google juga berencana akan membawa format iklan baru ini ke aplikasi YouTube pada akhir tahun ini. Galeri iklan-iklan itu nantinya akan ditempatkan di samping video yang direkomendasikan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan