Tekno & Sains
·
5 Agustus 2019 18:33

Google Maps Tandai Lokasi yang Kena Dampak Mati Listrik Massal

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Google Maps Tandai Lokasi yang Kena Dampak Mati Listrik Massal (126188)
searchPerbesar
Memakai Google Maps di ponsel Foto: Foto: Ingo Joseph via Pexels (CC0 Public Domain)
Minggu (4/8), warga DKI Jakarta, Banten, dan sebagian Jawa Barat dibuat resah karena padamnya listrik massal selama berjam-jam mulai pukul 11.45 WIB. Ada daerah yang telah nyala listriknya pada malam hari, tapi ada juga yang terus mati hingga pagi harinya.
ADVERTISEMENT
Banyak orang uring-uringan, karena mati listrik ini berdampak juga pada jaringan telekomunikasi, internet, kereta commuter line, hingga MRT dan LRT. Bagi kamu yang ingin tahu di mana saja lokasi-lokasi yang mengalami mati listrik, kamu bisa melihatnya di Google Maps.
Jika kamu membuka aplikasi Google Maps, kamu akan melihat pengumuman bertuliskan 'Java power outage' alias pemadaman listrik di Jawa. Jika ditekan, Google Maps akan menampilkan titik wilayah yang terkena pemadaman listrik.
Google Maps Tandai Lokasi yang Kena Dampak Mati Listrik Massal (126189)
searchPerbesar
Pemadaman Listrik Pulau Jawa di Google Maps Foto: Google Maps
Dari peta tersebut, Google Maps menunjukkan ada tiga titik area yang menjadi pusat pemadaman, yaitu Banten, Jakarta, dan Jawa Barat. Area itu ditunjukkan dengan lingkaran merah berisi tanda seru.
Berdasarkan peta, pemadaman masih berlangsung hingga Senin (5/8) dini hari pukul 00.43 WIB. Namun berdasarkan informasi terkini, hingga Senin (5/8) pagi, masyarakat di sejumlah daerah masih mengeluhkan aliran listrik kembali padam setelah sempat normal.
Google Maps Tandai Lokasi yang Kena Dampak Mati Listrik Massal (126190)
searchPerbesar
Pemadaman Listrik Pulau Jawa di Google Maps Foto: Google Maps
PLN sendiri mengungkapkan bahwa pemicu dari padamnya listrik ini karena sistem jaringan listrik 500 kV yang melewati jalur selatan dan utara tak bertegangan. Hal itu mengakibatkan transfer energi dari timur ke barat mengalami kegagalan dan diikuti trip seluruh pembangkit di sisi tengah dan barat Jawa.
ADVERTISEMENT
Gangguan ini mengakibatkan aliran listrik di Jabodetabek, sebagian Jawa Barat dan Jawa Tengah mengalami pemadaman. Selain itu, gangguan transmisi SUTET 500 kV mengakibatkan padamnya sejumlah area di Jawa Barat.
Hingga kini, PLN masih melakukan pemadaman listrik bergilir di sejumlah lokasi. PLN mengaku berupaya secepatnya supaya layanannya dapat pulih kembali seperti sedia kala.