kumparan
Tekno & Sains9 Desember 2019 8:01

Indonesia Jadi Negara yang Paling Sering Download Aplikasi VPN

Konten Redaksi kumparan
Ilustrasi VPN
Ilustrasi VPN. Foto: Pixabay
Indonesia meraih gelar sebagai negara dengan jumlah download aplikasi VPN terbanyak sepanjang tahun 2018 hingga 2019. Menurut laporan dari situs Top10VPN.com, Indonesia menduduki peringkat pertama dari 73 negara, mengalahkan Amerika Serikat, India, dan Uni Emirat Arab (UEA).
ADVERTISEMENT
Laporan itu juga mencatat selama Oktober 2018 hingga Oktober 2019, jumlah unduhan aplikasi VPN di Indonesia mencapai 75,5 juta dan terjadi peningkatan 111 persen Year-to-Year (YoY). Sementara AS dan India menyusul di belakangnya dengan masing-masing 74,6 juta dan 57 juta unduhan.
Peningkatan jumlah unduhan aplikasi VPN di Indonesia meroket pada bulan Mei lalu, ketika pemerintah memberlakukan kebijakan melambatkan koneksi internet untuk media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp. Hal itu dilakukan pemerintah untuk menangkal peredaran berita hoaks yang dianggap memuncak kala itu.
"Mei 2019, Indonesia: lonjakan 126 persen karena perlambatan bandwidth, kecepatan melambat untuk mencegah unggahan video dan foto ke Twitter dan platform media sosial lainnya setelah meningkatnya protes terkait pemilu," ujar penulis laporan dan kepala penelitian di Top10VPN.com, Simon Migliano.
Ilustrasi VPN
Ilustrasi VPN. Foto: Pixabay
Perlambatan koneksi internet tidak hanya terjadi di Indonesia. Laporan tersebut juga menyoroti bagaimana kerusuhan politik dan sosial dalam 12 bulan terakhir telah meningkatkan jumlah unduhan VPN di Asia Pasifik menjadi 188 juta, dua kali lipat dari total tahun lalu.
ADVERTISEMENT
Permintaan di seluruh dunia untuk aplikasi VPN dari Apple App Store dan Google Play Store berkembang pesat. Jumlah unduhan di Apple App Store mencapai 121,9 juta, sementara Google Play Store dapat 358,2 juta unduhan. Jumlah unduhan di seluruh dunia telah meningkat lebih dari 50 persen selama dua tahun berturut-turut.
"Jelas bahwa pengguna internet di seluruh dunia mengambil tindakan sendiri untuk mengambil kembali kebebasan internet yang terus-menerus terkikis oleh kepentingan pribadi," tulis Migliano.
Ilustrasi VPN
Ilustrasi VPN. Foto: Pixabay
Dengan meningkatnya penggunaan aplikasi VPN, terutama yang gratis, Migliano menyarankan pengguna lebih waspada sebelum menggunakannya untuk berselancar di internet.
Laporan ini juga menganalisis aplikasi VPN yang paling banyak diunduh di Indonesia. Berikut daftarnya.
1. TurboVPN
2. Proxy Master
ADVERTISEMENT
3. SuperVPN Free
4. Hi VPN
5. Hola
6. Psiphon Pro
7. Hotspot Shield Free
8. VPN Unlimited
9. Unlimited Free VPN Monster
10. AnonyTun
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan