Tekno & Sains
·
22 Juni 2021 12:00
·
waktu baca 2 menit

Indosat Resmi Rilis 5G di Indonesia, Ini Wilayahnya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Indosat Resmi Rilis 5G di Indonesia, Ini Wilayahnya (321997)
searchPerbesar
Ilustrasi logo Indosat Ooredoo. Foto: Dok. Indosat Ooredoo
Indosat Ooredoo akhirnya resmi meluncurkan layanan 5G di Indonesia. Indosat menjadi operator kedua yang menggelar jaringan seluler generasi kelima, setelah Telkomsel melakukan kick-off lebih dahulu pada akhir Mei 2021 lalu.
ADVERTISEMENT
Peluncuran layanan 5G ini dilakukan di Balai Kota Solo, Jawa Tengah pada Selasa (22/6). Sebelumnya, Indosat telah menerima Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) 5G dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sebagai izin melakukan komersialisasi layanannya.
Dengan diterbitkannya SKLO 5G ini menandakan bahwa seluruh sarana dan prasarana untuk pergelaran jaringan 5G Indosat siap dioperasikan. Indosat akan menggunakan pita frekuensi 1.800 Mhz atau 1,8 Ghz dengan lebar pita 20 Mhz dalam rentang 1837,5 sampai 1857,5 Mhz.
SVP-Head of Business Planning Indosat Ooredoo, Shatya Framudia, mengatakan Indosat akan terus berkomitmen untuk senantiasa mendorong percepatan transformasi digital dan menumbuhkan ekonomi digital di Indonesia melalui teknologi terdepan, konektivitas berkecepatan tinggi, dan pengalaman digital terbaik.
“Kami akan memastikan hadirnya layanan 5G akan bermanfaat bagi masyarakat dan berdampak terhadap pemulihan ekonomi. Kami percaya Indonesia akan menjadi salah satu kekuatan ekonomi digital di kawasan Asia Tenggara dan teknologi 5G akan memainkan peran yang sangat penting dalam langkah maju ini,” tuturnya.
Indosat Resmi Rilis 5G di Indonesia, Ini Wilayahnya (321998)
searchPerbesar
Indosat Ooredoo resmi meluncurkan komersialisasi 5G di Indonesia di Balai Kota Solo, Selasa (22/6). Foto: Dok. Indosat Ooredoo
Sementara SVP-Head of Network Operations Indosat Ooredoo, Agus Sulistio, menjelaskan pada saat uji coba jaringan 5G milik Indosat, speed download yang didapat bisa mencapai 540 Mbps. Menurutnya, kecepatan ini dirasa sudah lebih cukup untuk semua perangkat baik smartphone atau produk IoT (Internet of Things) lainnya.
ADVERTISEMENT
"Speed tertinggi 540 Mbps. Kita dapatkan dengan latensi 10ms, dengan pita yang cukup lebar dengan speed ini bisa menjadi game changer di industri. Pada saat pengujian kita punya perangkat yang sangat terbatas, kita uji dengan Xiaomi Mi 11 dan Huawei Mate 40 Pro," terang Agus.
Sebagai tahap awal, layanan 5G Indosat Ooredoo akan tersedia di lima kota, yakni Jakarta, Solo, Surabaya, Balikpapan, dan Makassar. Untuk detail lokasinya bisa lihat di bawah ini.

Cakupan wilayah yang dapat sinyal 5G Indosat Ooredoo

Surakarta

  • Area Inner city

Jakarta

  • Area Monas

Surabaya

  • Area Genteng

Makassar

  • Area Pettarani

Balikpapan

  • Area Gunung Bahagia
Indosat juga akan menyediakan 5G secara bertahap ke kota lain dalam beberapa waktu mendatang. Jaringan 5G Indosat Ooredoo diklaim 20x lebih cepat untuk download dan streaming yang lebih lancar dibanding 4G. Selain itu, 10x lebih responsif dengan latensi yang sangat rendah.
ADVERTISEMENT