Tekno & Sains
·
9 April 2021 15:45

Ini Bukti Chip Buatan Startup Elon Musk Bikin Monyet Bisa Main Game via Telepati

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ini Bukti Chip Buatan Startup Elon Musk Bikin Monyet Bisa Main Game via Telepati (17858)
Pager, monyet makaka berusia 9 tahun yang main game ping-pong dengan telepati berkat chip otak startup Elon Musk, Neuralink. Foto: Neuralink
Awal Februari 2021 lalu, Elon Musk mengoceh di Clubhouse bahwa startup neuroteknologi miliknya, Neuralink, berhasil melatih monyet untuk main game cuma dengan berpikir. Pada waktu itu, dia mengatakan bukti videonya bakal dikirim dalam waktu dekat--dan ternyata dia memang tidak membual.
ADVERTISEMENT
Dalam sebuah unggahan video terbaru di YouTube, Neuralink menunjukkan bukti klaim Elon Musk tersebut. Video yang diunggah pada 9 April 2021 itu menampilkan rekaman seekor monyet yang bisa main game ping-pong cuma dengan berpikir, layaknya telepati.
Seperti yang dapat dilihat dari video di atas, Neuralink mendemonstrasikan bagaimana mereka menggunakan sensor dan chip otak untuk merekam aktivitas dasar dari sukarelawan monyet bernama Pager.
Pertama-tama, Pager diberi tugas untuk memindahkan token ke kotak yang berbeda menggunakan joystick dengan tangannya. Dengan menggunakan data dasar tersebut, Neuralink dapat menggunakan machine learning untuk mengantisipasi ke mana Pager akan memindahkan pengontrol fisik. Pada akhirnya, Neuralink dapat memprediksi pikiran Pager secara akurat sebelum gerakannya di game benar-benar dilakukan.
ADVERTISEMENT
Peneliti Neuralink kemudian melepas joystick di komputer tempat Pager bermain. Permainan yang digunakan pun diganti dengan ping-pong.
Menariknya, Pager tetap dapat bermain ping-pong tanpa perlu memakai joystick. Seperti yang dilihat di video, kedua tangan monyet berusia 9 tahun itu memegang saluran minuman berisi banana smoothie yang jadi camilannya saat bermain game ping-pong.
Monyet tersebut memainkan game ping-pong sepenuhnya hanya dengan pikiran, yang dimungkinkan oleh sensor dan implan chip yang tertanam di otaknya. Narator di video menjelaskan, Neuralink telah memasang chip otak di Pager 6 bulan sebelum video itu diambil.
“Seekor monyet benar-benar memainkan video game secara telepati menggunakan chip otak!!” kicau Musk saat membagikan rilis video itu di Twitter.
Ini bukan pertama kalinya Neuralink memamerkan perangkat chip otak mereka bekerja di hewan. Sebelumnya pada Agustus 2020, Neuralink sempat mendemonstrasikan pemakaian chip otak pada seekor babi bernama Getrude.
ADVERTISEMENT
Chip tersebut sudah dipasang di babi tersebut selama dua bulan. Saat babi tersebut menyentuh benda-benda di sekitarnya, serangkaian neuron bekerja mengirim sinyal ke otak. Perangkat BMI kemudian mendeteksi aktivitas tersebut dan rekamannya disajikan dalam bentuk grafik dan suara 'tut' ke dalam layar.
Chip otak yang dikembangkan oleh Neuralink dikenal sebagai chip brain-machine interface (BMI). Ini merupakan teknologi baru di bidang neuroteknologi yang memungkinkan pengguna menjalankan aktivitas di komputer hanya dengan berpikir layaknya telepati, tanpa perlu menyentuh kursor, mouse, atau alat bantu navigasi lainnya.
Dengan demikian, perangkat BMI diharapkan dapat membantu orang lumpuh untuk menggunakan antarmuka komputer, mulai dari smartphone hingga komputer personal, meski mereka tak bisa menggerakan tangan. BMI juga diharapkan dapat membantu menyelesaikan sejumlah masalah neurologis, mulai dari kehilangan memori, stroke, kecanduan, hingga sekadar untuk memantau kesehatan pengguna atau memperingatkan mereka jika mengalami serangan jantung.
ADVERTISEMENT
Video monyet main game dengan telepati yang dipamerkan Neuralink ini diposting beberapa hari setelah ilmuwan Brown University di AS melaporkan kalau mereka telah berhasil menanamkan perangkat BMI pertama yang full wireless ke manusia.