Ini HP yang Cocok untuk Pembelajaran Jarak Jauh

10 Agustus 2021 10:14 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Siswa baru SMP Negeri II Surakarta mengikuti kegiatan belajar mengajar hari pertama masuk sekolah secara daring dari rumah di Kerten, Solo, Jawa Tengah, Senin (12/7).  Foto: Mohammad Ayudha/ANTARA FOTO
zoom-in-whitePerbesar
Siswa baru SMP Negeri II Surakarta mengikuti kegiatan belajar mengajar hari pertama masuk sekolah secara daring dari rumah di Kerten, Solo, Jawa Tengah, Senin (12/7). Foto: Mohammad Ayudha/ANTARA FOTO
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Munculnya pandemi COVID-19 membuat semua kegiatan masyarakat berubah. Pemerintah menganjurkan agar semua kegiatan dilaksanakan di rumah saja. Tidak hanya bekerja saja, kegiatan pembelajaran juga dilakukan secara virtual.
ADVERTISEMENT
Keberadaan smartphone sangat penting untuk menjalankan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), baik dari sisi pelajar maupun pengajar. Tentunya, handphone (HP) yang dipilih haruslah mumpuni untuk mengikuti semua kegiatan pembelajaran.
Selain itu, budget juga menjadi pertimbangan untuk menentukan pilihan ponsel yang digunakan. Smartphone dengan harga murah namun memiliki spesifikasi tinggi sangat dicari saat ini.
Oppo A16 merupakan HP yang cocok digunakan untuk kegiatan PJJ. Ia memiliki spesifikasi tinggi, serta fitur-fitur yang mampu mendukung kegiatan belajar dari rumah.
Oppo A16 varian warna Crystal Black. Foto: Oppo
Smartphone ini dibekali prosesor MediaTek Helio G35 sebagai dapur pacunya. Performanya didukung oleh RAM 3 GB dan memori internal 32 GB yang dapat diperluas hingga 256 GB, sehingga siswa dapat menyimpan materi sekolah untuk diakses secara offline di ponsel mereka.
ADVERTISEMENT
Jika sebelumnya kegiatan pembelajaran dilakukan secara langsung, kini pembelajaran dilaksanakan menggunakan video conference dengan aplikasi Zoom ataupun Google Meet. Untuk hal ini, keberadaan kamera yang jernih sangat penting.
Oppo A16 dilengkapi dengan kamera depan 8 MP. Pada kamera belakang, Oppo A16 memberikan Ultra-Clear Triple Camera dengan ukuran 13 MP, kamera bokeh 2 MP, dan kamera makro 2 MP yang dapat digunakan untuk merekam atau mengambil foto tugas sekolah.
Layar ponsel Oppo A16 sangat aman digunakan untuk para siswa karena dilengkapi Eye Care Display. Hal ini dapat mengurangi efek mata tegang akibat terlalu lama menggunakan ponsel untuk belajar online. Ponsel dengan layar berukuran 6,52 inci ini akan meredup secara otomatis hingga 2 nits dalam lingkungan gelap.
Oppo A16 varian warna Space Silver. Foto: Oppo
Murid sekolah yang sedang melakukan belajar online dari rumah juga akan merasakan nyaman ketika menyaksikan konten pembelajaran, karena Oppo A16 memiliki rasio layar 88,70 persen. Resolusinya juga terbilang tinggi, yakni 1600 x 720 pixel (HD+).
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu, ponsel dengan sistem operasi ColorOS 11 ini dilengkapi dengan baterai jumbo berkapasitas 5.000 mAh yang dapat bertahan sangat lama. Baterai ini dilengkapi fitur Super Power Saving Mode, sehingga pembelajaran dapat berlangsung maksimal tanpa terganggu karena baterai habis di tengah-tengah kegiatan.
Itu mengapa Oppo A16 sangat cocok sebagai smartphone yang digunakan untuk pembelajaran dari rumah. Selain spesifikasi yang mendukung, HP Oppo ini juga terbilang terjangkau karena dibanderol hanya Rp 2 juta saja.
(NSF)